Pembangunan di Desa akan Dilakukan Dengan Padat Karya Tunai 

KABAROKUTIMUR.COM, Jayapura – Untuk membahas pengelolaan dana desa dan ADD sekaligus menjalin silaturrahmi antar kepala desa di Kecamatan Jayapura, Camat bersama kepala desa melakukan Rapat Koordinasi (Rakor). Walaupun hari libur Camat Jayapura berserta Kades masih tetap melakukan Rakor. Tidak hanya pas hari kerja saja di lakukan kordinasi bersama kepala desa, namun hari libur juga memang perlu melayani masyarakat jika memang itu penting dan perlu.

Menurut Camat Jayapura Sugiarto SE MM mengatakan, kegiatan rakor ini memang rutin dilakukan, baik itu pada hari kerja maupun hari libur. Hal ini dilaksanakan guna meningkatkan rasa kekeluargaan antar Kades dan pemerintah kecamatan. Selain itu dirinya juga menyampaikan kepada kades agar selalu kompak, demi membawa nama harum Kecamatan Jayapura.

“Jadi kita tidak harus memandang apakah hari libur atau tidak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi kalau masyarakat yang membutuhkan pelayanan dari Desa harus dilayani, begitu juga saya, jadi jika ada kepala desa yang ada keperluan dengan saya silahkan datang langsung ke kantor atau ke rumah. Ya kalah jam kerja di kantor kalau hari libur di rumah dinas,” kata Giarto.

Lalu Giarto juga berpesan kepada seluruh kepala desa, agar dapat memberikan yang terbaik bagi masyrakat yang membutuhkan pelayanan kepala desa. Baik itu di kantor atau di rumah dan kapan saja waktunya, meski hari libur.

“Karena kita dipilih untuk melayani kebutuhan masyarakat yang memang membutuhkan pelayanan dari pemerintah,” jelasnya.

Kemudian dirinya juga menambahkan, untuk masalah pembangunan kedepan akan lebih mengutamakan padat karya tunai, atau melibatkan langsung masyarakat dalam membangun. Jadi kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah atau pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan.

“Jadi nanti masyarakat juga merasakan dampak pembangunan yang ada di desa, baik itu insfratuktur yang lebih baik dan masyrakat memperoleh upah dari kerja membangun insfratuktur desa,” tambahnya.

Sementara itu, Dede Patrianda selaku Kepala Desa Jayapura sekaligus ketua forum kades mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Camat Jayapura karena mau hadir pada undangan kepala desa di Kecamatan Jayapura meski hari libur, sekaligus pembentukan ketua forum kades yang baru.

“Jalin terus silaturrahmi antar kepala desa dan camat, karena jabatan saya sebentar lagi habis, jadi untuk ketua forum kades yang baru diharapkan dapat terus menjalin kerukunan, baik dengan kades dan mantan kades,” jelasnya.

Lalu lanjut kata dia, untuk pembangunan di Desa pihaknya sudah kompak untuk melakukan sesuai dengan arahan dari camat, yakni dengan cara padat karya tunai, artinya disini dirinya bersama kades lain memang memberdayakan masyarakat desa dalam melakukan pembangunan di desa.

“Jadi dengan kita melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan, maka masyrakat akan mendapatkan upah dari hasil kerja, sehingga akan menambah penghasilan keluarga,” jelasnya.