Beranda OKU TIMUR Masyarakat Kurang Mampu yang Terkena DBD, Mendapatkan Pengobatan Gratis 

Masyarakat Kurang Mampu yang Terkena DBD, Mendapatkan Pengobatan Gratis 

BAGIKAN
Zainal Abidin

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan beberapa minggu terakhir terkena wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sehingga hal ini membuat Bupati OKU Timur HM Kholid MD melalui Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur menegaskan bagi masyarakat tidak memiliki asuransi kesehatan atau kurang mampu akan digratiskan pengobatannya bagi anggota keluarganya yang terjangkit virus dengue.

“Bagi warga masyarakat yang memiliki asuransi, Jamkesda atau BPJS tidak masalah. Namun mereka kategori kurang mampu tapi tak memiliki kartu BPJS dan ansuransi lainnya nanti  melalui Dinkes menggratiskan,” kata Kepala Dinas Kesehatan OKU Timur Zainal Abidin, kepada awak media.

Lalu lanjut kata dia, secara teknis seluruh pasien yang tercatat sebagai warga  terkait syarat administrasi dapat berkonsultasi langsung dengan Dinas Kesehatan. Dirinya juga menyebutkan pasien dengan diagnosis DBD tidak dikenakan biaya pengobatan mulai dari tingkat Puskesmas.

“Sejauh ini melalui Dinkes juga sudah melakukan sosialisasi kembali pentingnya menguras, mengubur dan memusnahkan benda yang rawan jadi sarang nyamuk yang terpenting,” pungkasnya.

Selain itu, Zainal juga menambahkan hingga sekarang tercatat sebanyak  32 warga OKU Timur positif terjangkit virus dengue sesuai data Dinkes. Serta, pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, saluran air supaya tidak menjadi lokasi nyamuk untuk bertelur, serta selalu waspada akan adanya DBD. Dia juga menilai tingkat kesadaran warga dianggap sudah bagus hanya perlu terus diingatkan.

“Namun semuanya sudah ditangani dan di oboti oleh Rumah sakit yang ada di OKU Timur dan Puskesmas, bagi yang tidak mampu tentunya akan kita bantu sesuai dengan prosudur yang ada, “pungkasnya. Seraya menambahkan pihaknya sudah melakukan foging hampir diseluruh desa terutama yang terkena kasus DBD.