Beranda Berita Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Perkebunan Holtikutura

Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan Perkebunan Holtikutura

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, Jayapura – Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur pada tahun 2019 melalui Badan Perencanaan Daerah dan Penelitian Pembangunan (BAPPEDA) OKU Timur, Kecamatan Jayapura akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur serta holtikutura. Musrenbang ini dilaksanakan untuk mensinergikan dan menyepakati prioritas usulan-usulan masalah yang berasal dari masyarakat. Pada Musrenbang kali ini ada lima Kecamatan, yang terdiri dari Kecamatan Martapura, Jayapura, Bunga Mayang, dan Buay Pemuka Peliung. Kegiatan ini difokuskan di Kantor Kecamatan Jayapura.

Menurut Camat Jayapura Sugiarto SE MM mengatakan, bahwa dalam musrenbang kali ini pihaknya memprioritaskan infrastruktur dan perkebunan Holtikutura karena progam Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) dan Perhutanan Sosial (PS) untuk kawasan hutan Desa Mendah telah selesai diverifikasi oleh tim dari pusat. Sehingga  tim daerah tinggal menerima hasil pengesahan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

“Insyaalloh, pada bulan maret nanti masyarakat sudah bisa menerima hasilnya. Serta apabila telah turun surat keputusan tentang pelepasan daerah kawasan tersebut maka jalan dari Kecamatan Jayapura ke Desa Mendah yang tembus ke OKU Selatan yang panjangnya sekitar 23 kilometer akan kita usulkan menjadi jalan kabupaten,” katanya.

Sementara itu Bupati OKU Timur HM Kholid MD menyampaikan, Musrenbang ini dilakukan untuk menentukan arah pembangunan ke depan, sehingga pembangunan yang dilakukan oleh suatu daerah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Sejarah Musrenbang merupakan agenda dari masa orde baru dan efektif untuk menerima aspirasi masyarakat, sistem ini mampu menampung usulan masyarakat dan diseleksi oleh tim dari Bappeda setiap daerah yang bertujuan membangun dan meningkatkan penghasilan masyarakat,” katanya.

Selain itu, Kholid juga menyampaikan pada tahun 2019, jalan dari simpang Jayapura ke Desa Bunga Mayang yang panjangnya sekitar delapan kilometer akan dilakukan pengerasan. Selain itu jalan dari Kecamatan Jayapura ke Desa Mendah yang tembus ke OKU Selatan yang panjangnya sekitar 23 kilometer akan dijadikan jalan kabupaten, asal sudah selesai pelepasan kawasan dari kementrian LHK. Dirinya juga berharap semoga pembangunan infrastruktur jalan ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jalan dari Kecamatan Jayapura ke Desa Mendah hingga tembus ke Kabupaten OKU Selatan akan kita jadikan jalan kabupaten asal sudah selesai pelepasannya. Semoga dengan dibangun infrastruktur secara bertahap ini dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat,” harapnya.

Selain infrastruktur jalan, pihaknya juga akan melakukan pembangunan bangunan sekolah, yang sesuai dengan usulan untuk pekara di Desa mendah akan segera di syahkan. “Sehingga Desa Mendah kedepannya akan dapat di programkan menjadi kawasan hutan holtikutura,”  lanjutnya.