Beranda NASIONAL Di Blitar, Masyarakat Bisa Perpanjang SIM, Bayar Pajak, Buat SKCK Cek Kesehatan...

Di Blitar, Masyarakat Bisa Perpanjang SIM, Bayar Pajak, Buat SKCK Cek Kesehatan dan Buat Laporan Sambil ‘Sarungan’

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, NASIONAL – Upaya pihak Kepolisian dalam memberikan pelayanan maksimal terus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh Polres Blitar Jumat (8/2/2019). Dengan kegiatan Polisi Jumat Bersama Beribadah (Pos Jumrah) di Masjid Nurul Huda Desa Tumpakoyot Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Sebelumnya kegiatan serupa pada Jumat (01/02/2019) lalu juga dilaksanakan di Masjid Al-Ihlas Desa Sragi Talun Kabupaten Blitar.

Kegiatan Pos Jumrah tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha SIK, SH, MH beserta jajarannya, unsur Muspika Bakung, Kades se-Kecamatan Bakung, Bhabinkamtibmas dan Babinsa se-Wilayah Bakung, Ketua MUI Kecamatan Bakung, Ketua NU Kecamatan Bakung, Tokoh agama, Tokoh masyarakat dan jamaah sekitar 500 orang.

 

Selain melaksanakan salat Jumat berjamaah, dalam Kegiatan Pos Jumrah tersebut juga diberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha memberikan pesan-pesan Kamtibmas serta memberikan santunan kepada anak yatim dan orang Jompo. Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap Jumat dengan cara berkeliling disejumlah masjid di wilayah Blitar.

“Menjelang Pemilu 2019 mari kita ciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Blitar. Sebentar lagi, tepatnya tanggal 17 April 2019 akan ada pemilihan umum Pilpres dan Pileg. Jangan sampai terjadi perpecahan ataupun perselisihan di tengah masyarakat. ‎Siapapun yang terpilih nantinya adalah pilihan dari masyarakat”, kata AKBP Anis.

Dalam program Pos Jumrah tersebut, Kapolres Blitar juga mewajibkan seluruh Kapolsek yang beragama Islam, untuk melaksanakan Salat Jumat bersama warga di wilayahnya masing-masing. Sedang untuk BBKTM bergabung dengan jamaah Salat Jumat di desa binaanya. Demikian pula halnya para pejabat utama kepolisian.

“Kapolsek, BBKTM maupun para pejabat utama kepolisian, memiliki kewajiban untuk menyampaikan perihal kamtibmas pada saat mereka berbaur dengan masyarakat di masjid-masjid”, katanya.

Polres Blitar sebagai pengemban fungsi pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat tentu berupaya memberikan rasa nyaman dan aman kepada warga dalam beribadah tanpa perlu khawatir dengan adanya kegiatan pelayanan kepolisian di sekitar Masjid.

“Selain salat Jumat berjamaah, kegiatan tersebut juga dijadikan hari pelayanan kepada masyarakat. ‎Dengan adanya pelayanan di sekitar masjid setiap Jumat maka dapat mempermudah masyarakat dalam mengurus surat-surat. Selain kita bisa beribadah bersama. Kepada masyarakat yang ingin memperpanjang SIM bisa memanfaatkan mobil SIM keliling, yang ingin membuat SKSC Bisa memanfaatkan pelayanan SKCK Keliling, membuat laporan pengaduan maupun sekedar memeriksa kesehatan, SPKT dan Kesehatan yang diletakkan di lokasi sekitar masjid. Di sini juga ada pelayanan SPK Polres,” jelasnya.

Sementara Camat Bakung, Sri, dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Polres Blitar atas pelaksanaan kegiatan Pos Jumroh di Masjid Jami’ Nurul Huda Desa Tumpakoyot Kecamatan Bakung tersebut. Camat Bakung mengaku, dengan adanya Pos Jumrah ini masyarakat sangat terbantu dengan pelayanan polisi yang datang ke lokasi.

“Kegiatan Pos Jumrah ini disambut positif oleh masyarakat. Dengan adanya pelayanan di tengah masyarakat seperti ini, masyarakat sangat dimudahkan dan sangat terbantu. Seperti dalam mengurus SIM,Mengurus SKCK, atau surat-surat lain maupun sekedar cek kesehatan. Tentunya masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Polres Blitar untuk mencari surat-surat, namun cukup di Masjid tiap hari Jumat,” katanya.

(Rilis Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha SIK, SH, MH)