Peringati HPN, Kholid : Wartawan Jangan Takut dengan Penguasa

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Dalam rangka memperiangati Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-73, Bupati OKU Timur HM Kholid MD didampingi Ketua TP PKK Hj Rusmiyati Kholid berserta jajaran OPD memberikan surprize berupa kue Ulang Tahun kepada wartawan dari berbagai media yang bertugas di Kabupaten OKU Timur. Bahkan Bupati langsung memimpin doa dan dilanjutkan dengan makan bersama dihalaman Pemkab OKU Timur.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD menyampaikan, peringatan HPN merupakan momentum bagi pemkab OKU Timur untuk lebih menjalin tali persaudaraan dan kebersamaan kepada insan pers. Dimana wartawan mempunyai peran penting dalam mendukung dan mengkritik kemajuan daerah.

“Atas nama Pemkab dan masyarakat OKU Timur mengucapkan HUT HPN ke 73. Semoga kedepan insan pers dapat lebih bersinergi dalam memajukan daerah. Selain itu rekan-rekan wartawan juga harus meningkatkan pengetahuan dan wawasan sesuai tufoksinya masing-masing,” ungkap Kholid.

Lalu lanjut kata Kholid MD, dunia pers sangat membantu dalam perannya sebagai penyeimbang dalam menciptakan suasana informasi yang kondusif. Kedepannya diharapkan lahir kesamaan persepsi untuk konten pemberitaan dan informasi dengan nilai peningkatan wawasan dan pengetahuan bagi para pembacanya.

“Wartawan jangan takut dengan kekuasaan namun semakin dekat dekat dengan kekuasaan dan semakin dekat dengan rakyat sekecil apapun informasi harus sampai kepada rakyat,” tegasnya.

Dikatakan, banyak  tokoh pers nasional yang menjadi orang hebat salah satunya Adam Malik yang menjadi Wapres. Dimana perjalanan bangsa juga diawali oleh pers contohnya Budi Oetomo yang mengkritik pemerintah kolonial, melalui tulisannya. Karena melalui karya jurnalistik yang baik akan membawa dampak positif pada kemajuan daerah maupun negara.

“Yang jelas Pemkab OKU Timur tidak akan alergi dengan kritikan yang membangun. Karena dengan kritikan akan diketahui apa yang kurang dan harus segera diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI OKU Timur Edward Ferdinant SH mengucapkan terimakasih kepada Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi beserta jajaran yang telah mengapresiasi kinerja pers di Bumi Sebiduk Sehaluan. Melalui peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 73, diharapkan sinergitas antara Pemkab OKU Timur bersama insan Pers dapat terus terbina dengan baik demi terciptanya OKU Timur Aman Nyaman dan Sejahtera.

“Sebagai mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi pembangunan OKU Timur, sinergi antara pers dan pemerintah harus terus terbangun. Seperti yang dilakukan Pemkab OKU Timur dalam peringatan HPN ke 73 tahun ini. Kita ucapkan terimakasih kepada pak Bupati atas apresiasinya kepada rekan-rekan wartawan di OKU Timur,” ujarnya yang tengah mengikuti peringatan HPN 2019 di Surabaya.

Sedangkan, Jack Baihaki salah seorang wartawan menambahkan, media sebagai salah satu komponen bangsa ikut andil dalam membangun dan mendongkrak kemajuan suatu bangsa. Karena itu juga dituntut untuk selalu menjaga etika dan selalu menjaga agar situasi selalu kondusif.

“Wartawan juga harus berani memberikan kritikan tapi sipatnya yang membangun,” pungkasnya.