Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan di Lima Zona Guna Tetap Program Pembangunan

GUNA menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 serta sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan di Kecamatan dengan perangkat daerah dan instansi, Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat kecamatan. Kegiatan Musrenbang tersebut di bagi menjadi lima zona, dimana setiap zona diikuti sebanyak empat kecamatan. Kegiatan dibuka langsung Bupati OKU Timur HM Kholid MD serta dihadiri Kepala Bappeda Litbang Ir Yos Sogiyono, sejumlah Kepala OPD, Camat beserta perangkat, serta Kades dan lurah.

HM Kholid MD dan Fery Antoni

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang merupakan amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Dimana hal ini bertujuan untuk mendapatkan masukan awal guna menyusun RKPD Kabupaten OKU Timur 2020 mendatang. Selain itu, musrenbang juga sebagai media interaktif bagi segenap stakeholder kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan, sehinggga bentuk komitmen bersama diantara pemangku kebijakan daerah untuk pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

“Dimana untuk RKPD 2020 kita ambil tema pemantapan insfrastuktur mendukung Kabupaten OKU Timur Aman dan Nyaman, karena hal ini merupakan tindak lanjut pelaksanaan tahun keempat RPJMD OKU Timur 2016-2021. Secara umum pelaksanaan pembangunan tentunya untuk peningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah,” jelasnya.

Kemudian dirinya menargetkan pembangunan cepat diselesaikan jika anggaran sudah turun dan dalam melakukan pengerjaan harus sesuai dengan RAP yang direncanakan. “Dalam melakukam pengerjaan bangunan tentunya harus sesuai dengan RAP yang sudah disepakati. Jangan melakukan pembangunan tidak sesuai dengan RAP,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya Murembang ini kedepan pembangunan di pedesaan semakin meningkat dan dapat meningkatkan ekonomi pedesaan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sementara, Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Yos Sugiono mengatakan, Musrenbang merupakan proses perencanaan yang sifatnya menyelaraskan pembangunan daerah sesuai dengan ketentuan undang-undang yang pelaksanaannya dimulai dari desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga ke pusat.

Selain itu, lanjutnya kegiatan musrembang juga sebagai penguatan infrastruktur, namun disini secara menyeluruh, baik itu masalah pembangunan, ekonomi dan Sumber Daya Manusia. Kemudian unsur pemerintah Kabupaten  bersama pemerintah kecamatan dan desa terus melakukan upaya penurunan angka kemiskinan di OKU Timur.

“Dimana aspirasi yang didapat melalui musrenbang kecamatan akan menjadi referensi program sesuai dengan RPJMD 2016-2021, sehingga pembangunan yang dilakukan tepat sasaran dan manfaatnya dirasakan masyarakat secara langsung. Kita berharap dengan adanya musrembang ini pembangunan di Kabupaten OKU Timur bisa terlaksana sesuai dengan rencana jangka panjang dan jangka pendek,” jelasnya. (adv).