Tahun 2019, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Bupati OKU Timur HM Kholid MD

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Memasuki tahun keempat kepemimpinan mereka, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengaku telah menyusun strategi jitu untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur serta meningkatkan produk hasil pertanian di Bumi Sebiduk Sehaluan. Untuk melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur perlu didukung anggaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu selama dua tahun terakhir Pemkab OKU Timur terus berupaya untuk meningkatkan anggaran melalui APBD. Terbukti, mulai tahun 2019, APBD OKU Timur mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kholid, selama ini dirinya bersama Wakil Bupati Fery Antoni SE bukan tidak peduli atau tidak memperhatikan kondisi infrastruktur daerah yang mereka pimpin, hanya saja pihaknya harus melakukan persiapan yang matang untuk memperbaiki jalan di Kabupaten Lumbung Pangan ini.

“Pada awal kepemimpinan tahun 2016, kami ditinggalkan hutang yang cukup banyak. Maka pada tahun 2017 kami bertekad OKU Timur harus sehat untuk menjadi modal melangkah. Oleh karena itu memasuki 2018 mulai dilakukan penataan dengan memperbaiki data-data untuk meningkatkan pendapatan. Hasilnya dana alokasi umum (DAU) naik sebesar Rp 62 miliar, Dana Insentif Daerah yang terdiri dari 4 komponen dasar naik dari Rp 8 miliar menjadi Rp 32 miliar di tahun 2019. Lalu dana bagi hasil SDA menjadi Rp 93 miliar serta PAD naik sebesar Rp 14 miliar sehingga total pendapatan meningkat sebesar Rp 169 miliar di tahun 2019 ini,” kata Kholid.

Bahkan jika dihitung secara keseluruhan APBD OKU Timur tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp 237 miliar dibandingkan tahun 2018. “Kita menargetkan keuangan daerah terus sehat dan pada akhir 2021 APBD OKU Timur diharapkan tembus menjadi Rp 2,2 triliun dari saat ini sebesar Rp 1,905 triliun. Dengan keuangan yang sehat maka kita juga akan menjadi lirikan investor untuk memberikan pinjaman. Terbukti sudah ada beberapa perbankan yang siap memberikan pinjaman untuk pembangunan infrastruktur,” jelas Kholid.

Seiring dengan membaiknya kondisi keuangan, barulah Pemkab OKU Timur ditahun 2019 ini mulai meningkatkan anggaran untuk infrastruktur. Dimana dari APBD Kabupaten disiapkan anggaran sebesar Rp 341 miliar untuk infrastruktur. Jumlah tersebut masih ditambah lagi dengan dana desa (APBN) 2019 sebesar Rp 345 miliar dan perbaikan jalan provinsi yang dianggarkan Pemprov Sumsel sebesar Rp 341 miliar.

“Dengan anggaran yang cukup besar tersebut kita harapkan apa yang menjadi keinginan masyarakat OKU Timur selama ini akan terakomodir baik jalan desa, jalan kabupaten maupun jalan provinsi,” ungkapnya.