TNI dan Polri Gotong-royong Guna Mengurangi Resiko Penyebaran Penyakit DBD 

KABAROKUTIMUR.COM, Martapura – Guna mengurangi resiko penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) personil Polres OKU Timur melalui Polsek Belitang I bersama dengan personil Koramil Belitang melaksanakan kegiatan gotong royong. Kegiatan penanggulangan penyakit Demam Berdarah Dengue dilakukan Desa  Gumawang pada Jumat (15/2/2019).

Beberapa minggu ini mulai marak masyarakat yang terkena penyakit demam berdarah dengue (DBD). Hingga sekarang tercatat sebanyak 32 warga OKU Timur positif terjangkit virus dengue sesuai data Dinas Kesehatan OKU Timur. Akan tetapi semuanya sudah ditangani dan dioboti oleh Rumah sakit yang ada di OKU Timur dan Puskesmas.

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK melalui Kapolsek Belitang 1 Iptu Tuki Arsih mengatakan, kegiatan gotong royong ini dilakukan oleh personil Polsek Belitang I bersama dengan personil Koramil Belitang serta Dinas terkait serta dibantu oleh warga sekitar. Kegiatan gotong royong ini meliputi pembersihan gorong-gorong serta mengubur barang-barang yang sudah tidak terpakai.

“Kegiatan ini mulai dari gotong royong membersihkan gorong-gorong dilingkungan Desa Gumawang. Juga mengubur barang-barang bekas yang tidak terpakai. Selain itu juga menutup tempat-tempat penampungan air supaya jentik nyamuk tidak dapat berkembang biak. Tidak hanya sampai disitu dalam gotong royong ini juga dilakukan fogging di seluruh desa,” katanya, saat ditemui di lokasi gotong royong.

Lalu lanjut kata dia, Gotong Royong penanggulangan Demam Berdarah Dengue Kec. Belitang diisi dengan pembersihan saluran air atau selokan dan fooging akan dilaksanakan kembali pada hari Ahad 17 Februari 2019 di Desa Tegal Rejo Kecamatan Belitang. Selain itu dirinya menghimbau kepada masyarakat agar perduli terhadap kebersihan lingkungan. “Serta jika mulai terkena gejala-gejala DBD segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau Rumah sakit terdekat,” himbaunya.