Jalan Penghubung Desa Terputus, Warga Terpaksa Memutar

kabarokutimur.com | OKU Timur – Hujan deras beberapa waktu terakhir menimbulkan terjangan air yang deras sehingga membuat jalan penghubung Desa Tanah Merah Kecamatan Belitang Madang Raya dan Desa Sukajadi Kecamatan Belitang I terputus. Hal ini disebabkan karena gorong-gorong tidak mampu menahan air yang mengalir lalu membuat jalan terkikis hingga putus.

Tentunya dengan kejadian ini masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas di jalan tersebut. Padahal jalan tersebut merupakan akses tercepat warga Desa Tanah Merah ke Desa Sukajadi begitu juga sebaliknya.

Menurut Eko salah satu penguna jalan saat dibincangi wartawan mengatakan, dirinya serta warga lain yang sehari-harinya melintasi jalan tersebut terpaksa harus memutar balik kendaraanya, karena yang jalan putus akibat gerusan air. Kejadian putusnya jalan ini, tentunya membuat warga yang hendak ke sawah atau kebun harus berputar arah melalui jalan provinsi yang sangat jauh. Padahal banyak pengendara roda dua atau empat yang melintas di jalan tersebut.

“Namun karena hari ini telah banjir, jadi masyarakat tidak bisa melintas. Putus jalan ini membuat warga harus berputar arah melalui jalan provinsi yang sangat jauh sehingga memakan waktu yang sangat lama. Tentu kita sangat berharap kepada pemerintah, agar segera melakukan perbaikan jalan tersebut,” pintanya.

Jalan tersebut putus, lanjut kata dia, karena air yang melewati gorong-gorong tidak bisa menggalir dengan lancar. Apalagi ditambah dengan hujan deras beberapa hari yang lalu, sehingga debit air tinggi menyebabkan jalan terkikis hingga putus.

“Jalan tersebut memang belum dilakukan pengerasan dan gorong-gorongnya memiliki lubang yang kecil. Sehingga air membludak hingga ke jalan dan menyebabkan jalan putus,” jelasnya.

Sementara Camat Belitang Madang Raya Jon Kenedi melalui Kasi PMD Lukman menjelaskan, bahwa pihaknya setelah mendapatkan informasi langsung menuju ke lokasi, untuk mengetahui kondisi jalan yang putus akibat gerusan air tersebut. Selanjutnya akan dilaporkan ke pemerintah daerah akan kondisi kerusakan jalan ini.

“Kita segera melaporkan kejadian ini kepada pemerintah daerah, agar segera dilrperbaikan. Karena kalau tidak dilakukan perbaikan masyarakat tidak bisa menggunakan jalan tersebut,” katanya.