Perang Terhadap Narkoba, Seluruh Petugas Rutan Cabang Martapura Lakukan Tes Urine 

kabarokutimur.com | Martapura – Untuk memastikan agar tidak ada petugas yang terlibat dalam penggunaan narkoba Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura melakukan tes urine. Sebanyak 47 petugas Rutan Cabang Martapura secara mendadak menjalani tes urine.

“Dengan pemeriksaan ini menegaskan bahwa Rutan Cabang Martapura menyatakan perang terhadap penyalahgunaan narkoba dalam bentuk apapun. Tes ini kami lakukan secara rahasia dan mendadak dan hasilnya nanti akan diteruskan langsung ke Kantor Wilayah (Kanwil) Hukum dan HAM Sumsel,” kata Kepala Rutan Cabang Martapura, Royhan Al Faisal AMd IP SH MH, saat dibincangi diruang kerjanya, Selasa (19/2/2019).

Dari hasil tes urine ini, lanjut kata Royhan, seluruh pegawai yang diperiksa dinyatakan negatif mengandung narkoba. Bila ada anggotanya yang terindikasi mengkonsumsi narkoba maka akan langsung dilaporkan ke Kanwil Sumsel dan juga akan direhab.

“Jika ada pegawai rutan yang terbukti menggunakan narkotika maka kami akan langsung melaporkan ke Kanwil Hukum dan HAM Sumsel dan langsung menjalani rehabilitas,” jelasnya.

Selain itu, Rayhan Al Faisal juga menyampaikan, tes urine ini sebagai pengawasan dan pembinaan terhadap pegawai lambaga permasyarakatan khususnya di Martapura.

“Alhamdulillah sejauh ini hasilnya negatif semua dan tidak ditemukannya ada pegawai yang terbukti menggunakan narkoba, namun kegiatan ini akan mita lakukan secara berkala dan random, kerana tidak lain tujuannya untuk lebih memastikan lagi,” paparnya.