Bupati : Kades Harus Berinovasi Dalam Peningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

PELANTIKAN Kepala Desa (Kades) di kabupaten OKU Timur berlangsung khidmat. Sebanyak 39 dari 48 Kepala Desa (kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak resmi dilantik langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi di Balai Rakyat Pemerintah Kabupaten OKU Timur, Rabu (20/2/2019).

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan agar para Kades tidak otoriter dalam memimpin. Setelah dilantik Kades jangan lagi membeda-bedakan mana masyarakat yang memilih atau tidak. Disamping itu, Bupati juga berpesan agar kades berinovasi dalam memimpin dan menjalankan roda pemerintahan di desa.

“Saya tidak ingin mendengar ada Kades yang susah bangun pagi. Ini harus dirubah, utamakan pelayanan ke masyarakat,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berpesan kepada Kepala Desa agar memahami tugas, dan fungsi sebagai Kepala Desa. Baik dalam mengemban tugas-tugas dibidang pemerintahan, Pembina TP PKK Desa, dan sebagai tokoh masyarakat. “Kepala desa sebagai lembaga eksekutif desa, harus bekerjasama dengan baik bersama BPD dalam pembangunan dan kemajuan desa,” tegasnya.

Lalu bupati juga mengimbau kepada Kepala Desa, dalam membangun desa harus berdasarkan ketentuan yang berlaku dan disesuaikan dengan skala prioritas desa. “Besarnya dana desa, harus berdampak kepada masyarakat dengan skala prioritas. Namun, berpedoman juga dengan regulasi yang sesuai dengan Peraturan yang berlaku,” tambahnya.

Kemudian, Kepala desa juga harus mampu mengembangkan produk unggulan desa (Prudes) dan pengembangan produk kawasan unggulan desa (prukades). Selain itu juga kades harus mengembangkan BUMDes yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi desa. (adv).