Beranda Berita Kades Harus Kelola Potensi Daerahnya

Kades Harus Kelola Potensi Daerahnya

BAGIKAN

kabarokutimur.com | Martapura – Sebanyak 39 Kepala Desa (Kades) hasil pemilihan serentak kepala desa serentak dilantik langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD Rabu (20/2/2019) di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur.

Sedangkan sembilan kepala desa lainnya akan dilantik pada bulan Maret 2019 dengan alasan jabatan yang bersangkutan belum habis masanya dan pelantikannya tidak akan jauh dari habis tanggal jabatannya.

Setelah melantik dan mengambil sumpah kepala desa terpilih, dalam sambutannya Kholid meminta kepada kepala desa untuk bisa bertanggungjawab dengan jabatan yang diemban. Serta kades juga harus dapat potensi yang ada di daerah OKU Timur saat ini adalah pertanian, perkebunan perikanan dan pertanian. Pembangunan harus merubah angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan karena jika pembangunan yang dilakukan tidak ada perubahan maka pembangunan yang dilakukan tidak berhasil.

“OKU Timur bertekad tahun 2019 angka kemiskinan harus mengalami penurunan sebanyak satu digit. Meskipun saat ini kemiskinan OKU Timur terkecil di Sumsel. Namun tetap saja kita harus terus berusaha menurunkannya untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Kholid.

Selain itu, perlu adanya komunikasi, koordinasi, keterpaduan di antara unsur aparat pemerintah bersama komponen masyarakat, pola tindak dan pola sikap yang mewarnai setiap proses pembangunan di desa. Jika hal itu, terus terjalin setiap program kerja dari masing-masing institusi yang ada di tingkat desa bisa dilaksanakan secara terpadu dan mencapai hasil yang maksimal.

“Saya juga mengharapkan agar seluruh unsur aparat di tingkat desa hendaknya memiliki pemikiran yang sama untuk menempatkan masyarakat bukan sebagai objek pembangunan. Masyarakat hendaknya menjadi subjek sekaligus mitra dalam melaksanakan berbagai program pembangunan sesuai institusi masing-masing,” harapnya.

Sementara, Kapolres OKU Timur dalam sambutannya meminta kepada kepala desa yang sudah dilantik agar bisa memberikan pengamanan kepada masyarakat desa.
Selain itu, dia juga meminta kepada kepala desa agar bisa mencegah dan meminimalisir peredaran narkoba karena tingkat kejahatan sebagian besar diawali oleh pengaruh narkoba.

“Untuk kades yang baru saja harus bisa memberikan keamanan pada masyarakatnya. Serta bisa mencegah dan meminimalisir peredaran narkoba dan tingkat kejahatan,” katanya.