Gubernur Siap Dukung Pertahankan OKU Timur Lumbung Pangan Sumsel

kabarokutimur.com | Martapura – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi dan jajaran diminta Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM untuk mempertahankan OKU Timur sebagai sentra pangan atau Kabupaten Lumbung Pangan di Sumsel. Hal ini disampaikan langsung Gubernur pada malam Silaturahmi dan sinkronisasi program pembangunan pemprov Sumsel bersama Pemkab OKU Timur, di gedung Graha Tani Martapura, Jumat (22/2019) malam.

Dikatakan Deru, untuk mempertahankan OKU Timur sebagai kabupaten Lumbung Pangan, dirinya akan mensupport penuh apa yang dibutuhkan Pemkab OKU Timur. Tidak hanya alat mesin pertanian (Alsintan), kebutuhan lain seperti bibit dan benih, alokasi pupuk dan sebagainya akan diprioritaskan untuk Kabupaten OKU Timur.

“Alat-alat pertanian, pupuk, bibit, akan saya alokasikan ke OKU Timur untuk mempertahankan daerah ini sebagai daerah lumbung pangan. Bahkan balai benih milik pemprov yang ada di Belitang silahkan digunakan untuk menghasilkan benih unggul dan berkualitas,” kata Deru dihadapan Bupati dan seluruh Kepala OPD dan Camat yang hadir.

Lalu lanjut kata Deru, sebagai putra asli OKU Timur dirinya sangat sedih saat mengetahui produksi gabah OKU Timur mengalami penurunan hingga 150 ton. Apalagi selama dirinya memimpin Bumi Sebiduk Sehaluan, Produksi beras OKU Timur terus mengalami peningkatan diatas 5 persen yang dibutikan dengan diterimanya penghargaan P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional).

“Jujur saya sangat sedih saat mengetahui produksi gabah OKU Timur turun 150 ton. Walaupun sekarang produksi gabah sekarang mulai meningkat lagi hingga diatas 1 juta ton GKG. OKU Timur ini adalah rumah saya, tempat saya lahir jadi saya tidak rela jika daerah kelahiran saya mengalami kemunduran. Sebagai gubernur saya akan mendukung dan mensupport apa saja yang dibutuhkan. Saya juga tidak peduli jika ada yang bilang gubernur memprioritaskan OKU Timur,” tegasnya.

Sementara Itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengatakan, berbagai program prioritas telah dilakukan Pemkab OKU Timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terlebih OKU Timur baru selesai melaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan yang lebih memprioritas peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam Musrenbang Kecamatan semua sudah kita bahas mulai dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan, perrnakan hingga horthikultura. Bahkan untuk meningkatkan produksi gabah OKU Timur, kita telah memperbaiki saluran irigasi, peningkatan areal sawah baru yang mencapai 6.800 hektar serta memperluas areal beras organik,” ungkap Kholid.