Beranda OKU TIMUR Pemkab OKUT Beri Bantuan ke Korban Banjir

Pemkab OKUT Beri Bantuan ke Korban Banjir

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Sebanyak 13 desa di tiga wilayah Kecamatan di antaranya Kecamatan Madang Suku I, Kecamatan Semendawai Barat dan Kecamatan Cempaka kecamatan mengalami bencana banjir. Selama empat hari air belum juga surut mengakibatkan lebih dari 1800 kepala keluarga yang rumahnya terendam air.

Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) OKU Timur menberikan bantuan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) untuk korban banjir. Sebanyak 15 ton beras, 565 dus mie instan dan 138 bungkus paket sembako serta 465 dus air mineral, diberikan secara simbolis yang di kantor kecamatan Cempaka, Minggu (24/2/2019).

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, banjir yang melanda wilayah OKU Timur karena meluapnya sungai Komering karena kiriman dari hulu sungai yang berasal dari OKU Selatan. Walaupun di daerah OKU Timur ini tidak hujan kalau di hulu hujan terkadang akan tetap banjir.

“Banjir ini karena meningkatnya debit air sehingga membuat sungai Komering meluap. Semoga apa yang Pemeritah berikan hari ini bisa dimanfaatkan warga dan bagikan secara merata keseluruh warga yang terkena banjir,” katanya.

Selain itu, Bupati OKU Timur meminta kepada Sekda dan kepala BPBD OKU Timur untuk membentuk tim khusus pemantau keadaan air supaya bisa mengetahui naik turunnya air sungai. Lalu, dirinya juga mengimbau bahwa kemarau tahun 2019 akan lebih pajang dari tahun 2018. Tentunya akan kekurangan air otamatis masa tanaman akan mundur dan membuat harga beras akan mengalami kenaikan.

“Perjalanan air setiap lima jam bisa dipantau apabila sudah dibentuk tim khusus pemantau kondisi air. Lalu, musim kemarau di tahun 2019 akan lebih panjang dari tahun 2018 tentunya masa paceklik lebih panjang. Otomatis dampak dari kemarau membuat masa tanam mundur, sehingga membuat harga beras akan mahal maka kita harus stok beras,” ujarnya.