Selaraskan Program dan Kegiatan, Forum OPD Gelar Rapat

kabarokutimur.com | Martapura – Untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur menggelar Rapat forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2019, Senin (25/2/2019).

Menurut Bupati HM Kholid MD dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda OKU Timur Jumadi dalam pembukaan Forum OPD 2019 menyampaikan bahwa, usulan program dan kegiatan merupakan hasil Musrenbang RKPD di tingkat kecamatan. Selain itu juga untuk menyeleraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi.

“Kita berharap dari pelaksanaan Forum OPD ini akan muncul strategis kebijakan dan program yang mengarah pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah,” katanya.

Dikatakan, hasil dari Forum OPD ini diharapkan bisa menjadi rancangan yang selanjutnya akan dijadikan bahan pemuktahiran rancangan RKPD 2020 OKU Timur yang selanjutnya akan dibahas di dalam Musrembang RKPD tingkat kabupaten.

“Pada kesempatan ini saya mengajak saudara seluruhnya, dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki untuk mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing guna mempercepat dan memacu kinerja pembangunan daerah OKU Timur,” katanya.

Lalu untuk pembangunan infrastruktur, lanjut kata dia, masih menjadi prioritas utama dalam pembangunan daerah OKU Timur. Hal ini patut dimaklumi mengingat infrastuktur merupakan penggerak urat nadi perekonomian wilayah. Terlebih lagi mengingat relatif masih banyak kondisi jalan daerah ini yang masih membutuhkan penangan serius.

Prioritas lainnya peningkatan kesejahteraan rakyat dan penanggulangan kemiskinan. Kesejahteraan masyarakat diantaranya dapat diukur dari beberapa indikator diantaranya pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan,” terangnya.

Seluruh Kepala OPD agar lebih aktif mencari informasi ke pusat maupun Pemprov Sumsel, untuk memperoleh terobosan program yang inovatif dan tentunya yang mendukung prioritas nasional. Pertumbuhan ekonomi OKU Timur pada 2020 ditargetkan sebesar 5 persen.

“Langkah strategis yang kita ambil peningkatan pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, pembangunan infrastruktur yang merata. Pengembangan kawasan perdesaan prioritas nasional,” ujar bupati.

Sementara Kepala Bappeda OKU Timur Ir Yos Sugiono menambahkan, Forum OPD dilaksanakan selama dua hari 25 dan 26 Februari 2019 sesuai dengan pembagian mitra OPD. “Peserta Forum OPD OKU Timur 2019 berjumlah lebih kurang 100 orang yang terdiri dari unsur Bappeda dan Litbang, Kepala OPD dan pejabat yang membidangi perencanaan masing-masing OPD,”  pungkasnya.