Kepergok Warga, Pelaku Curat Keok Diujung Peluru Polisi

kabarokutimur.com | OKU Timur – Nur Holis (27) warga Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, ditangkap anggota Opsnal Polsek Buay Madang Timur pada Rabu (27/2/2019) sekira pukul 23.30 WIB dikediamannya. Namun saat hendak ditangkap, tersangka mencoba melarikan diri sehingga polisi terpaksa melakukan tindakan tegas terukur dengan menembakan ke arah kaki tersangka.

Saat diperiksa ternyata tersangka merupakan mantan narapidana kasus narkoba. Tersangka ditangkap polisi setelah melakukan aksi tindakan Pencurian dengan Pemberatan (Curat) di kediaman Munasir (42) warga Desa Srikaton, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, pada Rabu (27/2/2018) sekira pukul 21.00 Wib.

Berdasarkan laporan Polisi Nomor : LP-B/04/II / 2019 / SUMSEL / RES OKUT / SEK BMT tanggal 12 Februari 2019, kejadian bermula saat korban memarkirkan sepeda motor di belakang rumah tempat kediamannya. Tiba-tiba datanglah tersangka Nur Holis yang langsung merusak kunci kontak dan mendorong sepeda motor yang diparkirkan tersebut. Namun, pada saat tersangka berusaha untuk menghidupkannya, aksi nekat residivis kambuhan ini kepergok oleh anak korban dan langsung memberitahukan kepada korban bahwa sepeda motornya akan dicuri.

Lalu, dengan seketika korban langsung berteriak-teriak meminta pertolongan dengan warga sekitar sehingga membuat tersangka melarikan diri. Karena kesal dengan ulah tersangka dan warga merasa tak ingin kecolongan, warga terus mengejar tersangka. Tak lama berselang warga menelpon pihak kepolisian untuk melaporkan kejadian tersebut.

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK melalui Kapolsek Buay Madang Timur IPTU Arip Usman SH didampingi Kasubbag Humas Polres OKU Timur IPTU Yuli saat dikonfirmasi pada Kamis (28/2/2019) mengatakan, setelah menerima laporan dari masyarakat pihaknya berserta anggota Opsnal langsung menuju lokasi guna membantu warga untuk melakukan pengejaran.

“Tersangka berhasil ditangkap. Namun pada saat akan ditangkap, tersangka berusaha melarikan diri dan bersembunyi disemak-semak belukar. Anggota kepolisian juga sudah memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali,” katanya.

Pada saat petugas melakukan pengembangan kasus lain sesuai dengan laporan :LP-B/04/II / 2019 / SUMSEL / RES OKUT / SEK BMT tanggal 12 Februari 2019. Petugas berhasil mendapatkan barang bukti (BB) dari hasil kejahatan berupa satu unit sepeda motor merk Honda Vario warna merah yang berada di Desa Trikarya, Kecamatan Belitang III, OKU Timur yang berbatasan dengan Kabupaten OKI dan satu unit sepeda motor merk Yamaha Vega warna hitam.

“Tersangka dibawa ke RSUD Martapura guna mendapatkan pengobatan dan perawatan medis,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang Tindakan Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman minimal diatas 5 tahun penjara.