Beranda OKU TIMUR Bupati OKU Timur Lakukan Panen Raya Padi Bebas Residu

Bupati OKU Timur Lakukan Panen Raya Padi Bebas Residu

BAGIKAN

kabarokutimur.com | Belitang – Pemerintah Daerah (Pemda) OKU Timur melakukan kerja sama dengan PT Prima Agro Tech, di bidang pertanian padi yang bebas residu. Dimana peningkatan pertanian disini dengan mengurangi pengunaan pupuk kimia hingga 50 persen. Namun tidak mengurangi hasil produksi pertanian itu sendiri. Lalu, Bupati juga memanen Demplot padi yang bebas residu dan ramah lingkungan, menuju pertanian organik.

Menurut Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya mengatakan, kalau petani ingin sukses harus banyak belajar. Salah satunya dengan belajar bagaimana membuat tanah yang akan dikelola untuk pertanian menjadi semakin subur.

“Dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia, karena dengan terlalu banyak pengunaan pupuk kimia akan membuat tanah semakin tandus. Maka perlu dilakukan perbaikan unsur tanah, dengan banyak memberikan pupuk kompos dilahan pertanian,” katanya.

Sementara itu, Sujarwanto Kepala Dinas Pertanian OKU Timur mengatakan, memang hasil pertanian organik untuk saat ini masih kesulitan dalam melakukan pemasaran, karena masyrakat masih cendrung memilih membeli hasil pertanian non organik.

“Karena harganya lebih murah di banding dengan hasil pertanian organik, itulah sebabnya untuk beras organik di OKU Timur masih kesulitan dalam pemasarannya,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat dapat mendukung program ini, demi kesejahteraan petani. Demi terwujudnya peningkatan perekonomian di bidang pertanian, serta membuat sehat masyarakat OKU Timur dengan mengkonsumsi beras yang bebas residu.

Sedangkan, Ir Safrudin perwakilan PT Prima Agro Tech mengatakan, untuk meminimalkan penggunaan pupuk non organik atau pupuk kimia, pada lahan pertanian maka dirinya mengembangkan pertanian padi yang bebas residu.

“Saya meminta dukungan dari pemerintah daerah dalam mengembangkan budidaya pertanian padi bebas residu di OKU Timur,” jelasnya.

Ditempat terpisah, Imam Subki salah satu petani yang mengembangkan padi bebas residu yang ramah lingkungan mengatakan, intinya dari awal untuk mengelola pertanian padi bebas residu ini, pertama harus melakukan pengurangan pupuk kimia.

“Jadi yang paling penting kita harus mengurangi pengunaan pupuk kimia, dengan menambah pupuk organik pada tanaman padi,” jelasnya.