KPUD OKU Timur dan Relawan Demokrasi Gencar Lakukan Sosialisasi

kabarokutimur.com | Martapura – Untuk menyukseskan Pemilu serentak 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur bersama dengan Relawan Demokrasi gencar melakukan sosialisasi baik ke masyarakat umum maupun kepada warga binaan yang menghuni Cabang Rutan Martapura.

Menurut Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya melalui Sulistiani SE Komisioner Divisi Perencanaan Program Data Informasi (Prodatin) mengatakan, dalam kegiatan ini petugas dari KPU dan Relawan Demokrasi melakukan sosialisasi dengan menyampaikan tata cara memilih yang baik dan benar. Sehingga diharapkan warga binaan akan lebih paham dalam menyalurkan hak suara.

“Pemilu serantak tahun ini merupakan yang pertama kali karena ada lima yang akan dipilih diantaranya DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, RI, DPD dan Pilpres. Saat mencoblos jangan sampai diluar garis maupun dicoblos dua kali. Karena itu dilakukan sosialisasi disetiap lini termasuk terhadap warga binaan,” katanya.

Lanjut kata dia, warna kertas suara untuk DPRD  kabupaten/kota warna hijau, provinsi warna biru, DPR RI kuning, DPD merah, presiden warna abu-abu. Karena itu diharapkan jangan sampai salah saat memilih.

“Sosialisasi ini gencar dilakukan karena terdapat lima warna kertas surat suara. Selain itu, untuk di Cabang Rutan Martapura dibuat TPS khusus tujuannya untuk melayani warga binaan yang akan menyalurkan aspirasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Cabang Martapura Royhan Al Faisa AMd.IP, SH, MH, didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Oktomi, mengatakan sebaiknya dilakukan sosialisasi secara berulang kali agar masyarakat terutama warga binaan lebih paham dan mengerti tetang tatacara memilih.

“Warga binaan ada yang tamat SMA ada yang tidak sehingga memang harus rutin dilakukan sosialisasi mengingat tingkat kesulitan karena untuk Pileg tidak menggunakan foto dilembar maupun kertas suara. Harapan saya bagi Napi dan tahanan yang sudah didata bisa mendapatkan e-KTP, karena itu saya harapkan KPU bisa mengusakannya,” katanya.