Beranda HUKUM DAN KRIMINAL Pelaku Penipuan Bermodus Jual Beli Dicaplok Polisi

Pelaku Penipuan Bermodus Jual Beli Dicaplok Polisi

BAGIKAN

kabarokutimur.com | Belitang – Anggota Polres OKU Timur bersama Polsek Belitang I berhasil menangkap Parmoko (36) salah satu warga Desa Argomulyo, Kecamatan Belitang Jaya Kab. OKU Timur. Pelaku ditangkap setelah diketahui persembunyiannya di daerah Air Pauh Baturaja. Tersangka dibekuk polisi setelah melakukan aksi Tindak Pidana Penipuan atau Penggelapan.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP.B/ 04/ III/2019/SUMSEL/OKUT/SEK BLT, Tanggal 06 Maret 2019, kejadian ini terjadi pada hari Jumat (16/11/2018) sekira jam 11.00 WIB  di BRI link Desa Sidodadi Kecamatan Belitang I, Kabupaten OKU Timur, dilakukan pelaku dengan cara berdalih bisnis jual beli ternak dengan korban berupa kambing dengan ketua adat di Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, yang mengaku bernama Jepri.

Lalu, pelaku meminta korban untuk mengirimkan uang dengan berbagai macam alasan dan dikirim ke rekening yang berbeda. Setelah ditotalkan uang yang sudah dikirim oleh korban sebesar Rp 41.800.000. Saat bulan Januari 2019, perbuatan pelaku diketahui oleh korban, karena korban menelpon nomor Ketua Adat Tanjung Balai Karimun Kepulauan Riau tersebut namun yang mengangkat telpon tersebut merupakan tersangka dan seketika langsung dimatikannya telpon tersebut.

Menurut Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH SIK melalui Kapolsek Belitang I Iptu Tukiarsih didampingi Kasubag Humas Iptu Yuli mengatakan, setelah menerima laporan dari korban pihaknya melakukan penyelidikan lebih lanjut. Selepas itu setelah diketahui persembunyiannya di daerah Air Pauh Baturaja, selanjutnya Kapolsek memerintahkan Kanit Reskrim beserta anggota Opsnal melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Saat perbuatan tersangka telah diketahui perbuatannya oleh korban, kemudian tersangka melarikan diri dan dilakukan penyelidikan hingga diketahui tempat persembunyiannya. Anggota berhasil mengamankan tersangka dan menyita barang bukti dan dibawa ke Mapolsek Belitang I,” katanya saat dikonfirmasi pada Jumat (8/3/2019).

Dari tangan tersangka terdapat barang bukti, Struk transfer dan setoran bank BRI dari korban, buku tabungan BNI dan ATM bank BNI milik para saksi, satu unit TV Tabung merk THOSIBA warna hitam silver (barang hasil kejahatan pelaku), satu unit KULKAS merk SHARP warna putih (barang hasil kejahata pelaku), satu unit HP merk stawbery warna merah milik pelaku, satu unit HP merk samsung warna hitam putih milik pelaku.