Beranda OKU TIMUR Tingkatkan Mutu Tanaman Guna Menunjang Kedaulatan Pangan

Tingkatkan Mutu Tanaman Guna Menunjang Kedaulatan Pangan

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk meningkatkan kedaulatan pangan Nasional dengan mengutamakan kualitas yang internasional namun harga nasional, PT Advansia menggelar Pasar Teknologi Advansia di Desa Karang Binangun Kecamatan Belitang Madang Raya (BMR), dengan dihadiri 400 petani dari berbagai daerah di OKU Timur. Acara dimulai pukul 11.00 WIB disambut dengan sangat antusias oleh ratusan petani dari berbagai wilayah.

Dalam kegiatan tersebut kelompok tani diajak menyaksikan lansung ke lokasi reaksi dari obat  produk dari PT. Advansia, disamping memberikan pemahaman tentang Teknologi cara pengendalian hama penyakit dan cara penyemprotan yang baik dan benar kepada petani. Seperti halnya produk jenis Amolin dan Apronil sebagai pasangan peduli hasil untuk menanggulangi kerugian hasil petani akibat dari serangan hama penyakit.

Menurut Ir Carles Butar butar selaku manajer Advansia area wilayah Sumatera mengatakan, bahwa untuk Kabupaten OKU Timur sudah menjadi target untuk memperkenalkan lebih dekat lagi kepada para petani, untuk prodak dari PT Advansia ini.

“Dengan harapan kami, agar petani lebih cerdas dalam memilih pestisida dan juga mengendalikan hama penyakit,” katanya.

Selain itu, lanjut kata dia, kegiatan Pasar Teknologi ini pihaknya memberikan edukasi kepada petani dan menyiapkan lokasi demplot, mempersiapkan stan, di antaranya stan hama, stan penyakit. Selepas itu, pihak Advansia menjelaskan secara mendetil tata cara pengendalian hama dan penyakit di pameran stan tersebut.

“Kami berharap agar para petani yang hadir disini bisa menerapkan tekonogi yang sudah kami praktekan ini, yang inti nya untuk meningkatkan pengetahuan dan sekaligus memajukan kesejahteraan dari petani itu sendiri,” imbuhnya.

Sementara itu, mewakili Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Edi Suryana, dalam hal ini dirinya mengapresiasi kegiatan ini, terimkasih kepada PT. Advansia atas undangannya, mudah -mudahan dengan terlaksananya kegiatan pasar Teknolongi ini, mampu mendokrak hasil pertanian petani  di Kecamatan Belitang Madang Raya dan umumnya Kabupaten OKU Timur.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kedepan dapat meningkatkan hasil pertanian petani. Selain itu pasar teknologi juga diharapkan mampu membawa petani supaya lebih mengerti tentang cara pengunaan obat, untuk membasmi hama di area pertanian, sehingga menghasilakan pertanian yang bagus,” jelasnya.