Diduga Arus Pendek, Kantor Disdukcapil Kebakaran

kabarokutimur.com | Martapura –  Ruangan Tata Usaha (TU) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) OKU Timur mengalami kebakaran. Kebakaran tersebut diduga akibat gangguan aliran arus pendek listrik. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (12/03/2019) sekitar pukul 03.30 WIB.

Menurut Kadisdukcapil OKU Timur H Sutikman saat dikonfirmasi membenarkan adanya musibah kebakaran yang terjadi di ruang TU kantor yang dimpinpinnya. Namun demikian peristiwa kebakaran ini tidak membuat pelayanan menjadi terganggu. Karena kebakaran ini mengakibatkan rusak satu ac, satu komputer, satu meja dan kursi kerja, satu kipas angin.

“Yang terbakar ruangan TU sehingga tidak mengganggu pelayanan dan saat ini sudah banyak warga yang datang untuk membuat dokumen kependudukan,” ujarnya.

Saat kejadian, lanjut kata dia, ada dua pegawai yang sedang lembur, ketika istirahat melihat ada asap, kemudian pegawai yang melihat ada kobaran api lalu meminta bantuan kepada PBK yang kebetulan kantornya berada di depan kantor Disdukcapil. Sehingga api bisa cepat dipadamkan. Setelah peristiwa ini terjadi pelayanan tetap normal, satupun tidak ada dokumen yang terbakar.

“Memang malam saat kejadian ada dua pegawai kita yang sedang lembur sehingga kebakaran ini bisa dengan cepat diketahui,” ujarnya.

Selain itu, Sutikman menyampaikan, kebakaran yang terjadi di ruang tu ini tidak mengganggu aktivitas pelayanan Disdukcapil ke masyarakat. Hari ini pun pelayanan administrasi kependudukan tetap jalan. Dokumen berharga pun tidak ada yang terbakar. kebakaran ini hanya di satu ruangan dan tidak mengganggu arus listrik di ruangan lainnya. Sebab pada saat kejadian arus listrik langsung dipadamkan.

“Setelah timbul konslet itu pegawai kita yang lembur itu langsung memadamkan jaringan listrik. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jalur listrik dibuat empat untuk pelayanan dan dokumen terpisah. Jadi tidak menjalar ke arus listrik lainnya,” katanya.