Penerimaan Anggota Polri 2019, Pendaftar Berprestasi Memiliki Peluang

kabarokutimur.com | OKU Timur – Polres OKU Timur membuka penerimaan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tahun 2019 baik Akpol, Bintara dan Tamtama dibuka secara serentak diseluruh Indonesia. Sejak tanggal 9 hingga 22 maret telah dibuka pendaftaran online untuk calon Polri.

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK melalui Kabag Sumda Polres OKU Timur Kompol Sukarman didampingi Kasubag Humas Iptu Yuli mengatakan penerimaan anggota Polri membuka kategori polisi tugas umum, polair, polisi TI, korps musik (Korsik), kimia, tekhnologi tekstil, dakwah Islam, perawat dan tata boga. Untuk pendaftaran calon anggota Polri gratis, tanpa dipungut biaya apapun, sesuai aturan yang ditetapkan Polri RI.

“Sekarang yang dicari yang benar-benar punya prestasi. Misal ada 300 pendaftar, mereka bisa bersaing dengan daerah lain maka kemungkinan berhasil yang sebanyak itu,” katanya.

Dikatakan, bagi masyarakat Kabupaten OKU Timur jika ingin menjadi abdi negara secepatnya mendaftar di Sekretariat Bagian Sumda Polres OKU Timur, Kecamatan Martapura. Pendaftaran sesuai syarat dan batas usia serta kententuan yang berlaku. Sedangkan, untuk syarat kelengkapan berkas yaitu KTP, KK, Ijazah terakhir, transkrip nilai, SKCK, pas foto ukuran 4×6 sebanyak 10 lembar dan surat keterangan bebas narkoba dari Dinas Kesehatan.

“Syarat lain adalah tinggi badan 160-165 cm, untuk polwan 160 cm dan batas umur 17 sampai 21 tahun untuk taruna Akpol dan Bintara, khusus D3 umur 17-24 tahun dan Brigadir kompetensi khusus,” jelasnya.

Sebelum dibukanya penerimaan calon anggota polri, Polres OKU Timur dan Polsek jajaran juga telah melakukan sosialisasi terutama kesekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat yang dilaksanakan oleh anggota Bhabinkamtibmas. Selain itu dirinya juga menghimbau kepada peserta calon anggota polri bahwa masuk polisi itu gratis tanpa dipungut biaya apapun.

“Masuk polisi itu gratis tanpa dipugut biaya apapun jadi untuk adik-adik yang mendaftar jangan percaya kepada oknum-oknum yang menjanjikan kelulusan. Serta, untuk sabtu dan minggu kita masih buka pendaftaran di polres,” jelasnya.