Beranda OKU TIMUR Pemuda Cikal Bakal Suatu Perubahan

Pemuda Cikal Bakal Suatu Perubahan

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Sejarah telah mengukir bahwa dalam setiap gerakan selalu di pelopori oleh para pemuda. Jika kita menilik sejarah, proklamasi kemerdekaan Indonesia dan reformasi yang terjadi di Indonesia diawali oleh pemuda yaitu para mahasiswa dari semua elemen kampus yang ada. Hal ini disampaikan oleh ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIT Misbahul Ulum Gumawang Muhammad Nuryadi saat kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (PKMTD) dengan tema “Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa yang memiliki Daya Saing Sebagai Agen Perubahan yang Berintelektual Tinggi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula STIT Misbahul Ulum Gumawang pada 17 hingga 18 Maret 2019.

Dikatakan Nuryadi, kampus sebagai insitusi pencetak para intelektual diharapkan mampu mencetak pemimpin bangsa yang akan memimpin bangsanya menuju kejayaan. Pemimpin dihasilkan melalui proses pembentukan serta merubah mental seseorang menjadi pemimpin membutuhkan upaya besar. Selain itu, mahasiswa merupakan status sosial yang berharga. Menjadi mahasiswa banyak yang menyebutnya sebagai agent of change atau kaum intelektual.

“Kecerdasan berfikir dan kemampuan mencium kepekaan sosial dan politik menjadi sesuatu yang harus melekat pada mahasiswa. Mahasiswa dikaitkan dengan perubahan. Mengubah tantanan, sistem, serta keadaan sosial masyarakat,” katanya saat dibincangi wartawan disela-sela kegiatan.

Lalu lanjut kata dia, dirinya berharap melalui program kerja yang akan dilakukannya dapat mencetak pemimpin yang baik serta memunculkan bibit-bibit pemimpin masa depan yang siap memperbaiki keadaan bangsa di masa depan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan mampu mencetak para pemimpin-pemimpin masa depan yang mampu berkarya dan berfikir kritis juga membangun bagi kampus, lingkungan dan negara Indonesia tercinta,” harapnya.

Sementara itu, Arif Suprayogi selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh kepengurusan BEM STIT Misbahul Ulum Gumawang serta mendapatkan dukungan dari Syafrizal Fuady, M.Pd Ketua STIT MU Gumawang. Lalu dirinya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini sangat susah. Tetapi, dengan kegigian dan kerjasama antara anggota kegiatan PKMTD dapat berjalan dengan lancar.

“Tujuan kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi antar mahasiswa dan mahasiswi menegaskan erandan fungsi Mahasiswa sebagai Agent Of Change, Agent Of Control dan Iron Stock. Lalu, saya ucapan terima kasih kepada seluruh eleman yang telah bersama mengsukseskan kegiatan ini semoga kita mendapatkan hikmah manfaat dari kegiatan ini,” ujarnya.

Sedangkan, salah satu narasumber Agus Suherman Tanjung S.H dari Presnas DEMA atau BEM Sumsel, dalam kesempatan kali ini menyampaikan, kegiatan ini sangat baik untuk program kerja dalam kemahasiswaan baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Kemudian, diharapkan nantinya setelah kegiatan PKMTD dilanjutkan dengan PKMTM dan PKMTL agar tercapainya tujuan kaderisasi kepemimpinan yang lebih optimal lagi.

“Untuk peserta PKMTD pertama di STIT MU Gumawang ini, materi-materi ataupun ilmu pengetahuan yang didapatkan dalam pelatihan ini agar dapat dipelajari dan ditanamkan dalam jiwa serta diamalkan tentang apa peran penting mahasiswa,” tuturnya.

Selain itu juga terdapat narasumber yang lain yakni Suyitno, S.Fil.I., M.Pd.I (Wakil Ketua 1 STIT MU Gumawang) dengan membawakan materi tentang “Manajemen Waktu Dalam Kuliah Akademik dan Organisasi”. Muhammad Adzkiyaunuha M.PD. (KA PRODI TBI STIT MU GUMAWANG) menyampaikan materi tentang “Etika dalam Berorganisasi”. Selanjutnya Materi yang keempat “Gender dalam Persepektif Kepemimpinan” disampaikan oleh Yuni Kartini, S.PD. (denwatser oku timur).