2.435.620 Surat Suara Dilipat

kabarokutimur.com | OKU Timur – Setelah menerima logistik berupa surat suara, KPUD OKU Timur mulai melakukan pelipatan surat suara yang dilaksanakan dan ditargetkan selesai pada Minggu (24/3/2019). Pelipatan surat suara tersebut berlangsung di Asrama Haji, jalan Adiwiyata Kotabaru Martapura.

Ketua KPU OKU Timur, Herman Jaya melalui Kasubag Logistik H Sutikno, mengatakan, untuk pelipatan surat suara yang akan dipergunakan saat Pileg dan Pilpres 2019, pihaknya melibatkan 320 tenaga  dari seluruh unsur masyarakat sekitar.

“Kita memang melibatkan masyarakat untuk melakukan pelipatan surat suara,” ujarnya.

Untuk pelipatan dibagi perkelompok, dengan setiap kelompok sebanyak 10 orang dengan total 32 kelompok. Untuk Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak¬† 487124. “Sedangkan jumlah surat suara 2.435.620 lembar, ini belum ditambah cadangan surat suara dua persen,” katanya.

Dia juga menambahkan, dari hasil pelipatan akan diketahui kekurangan dan kerusakan surat suara. Untuk kekurangan Nanti diajukan ke KPU RI melalui KPU Sumsel. Setelah pelipatan kemudian dipacking sesuai kebutuhan mata pilih disetiap PPS.

Rencana pendistribusian logistik dari KPU ke PPK sesuai jadwal akan berlangsung April. Logistik yang belum masuk C1 Lampiran untuk DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi dan DPD untuk Capres dan Cawapres sudah diterima.

“Setelah diliat, disimpan di gudang dan dikawal pihak kepolisian, Bawaslu dan KPU selama 24 jam,” tambahnya.