680 Peserta Ikuti Seleksi Paskibraka OKU Timur

kabarokutimur.com | OKU Timur – Sebanyak 680 peserta utusan dari sekolah tingkat SLTA di Kabupaten OKU Timur mengikuti tes Paskibraka yang diselenggarakan Bidang Pemuda Dispora Kab OKU Timur, Rabu (20/3/2019).

Kadin Disporapar Kabupaten OKU Timur HM Supardi Mba melalui Kabid Kepemudaan Disporapar Kabupaten OKU Timur Isdaryono menjelaskan, seleksi Paskibraka tahun ini dilaksanakan di dua zona, zona pertama dilaksanakan di Belitang yang diikuti sebanyak 26 sekolah dengan 420 siswa dan siswi, sedangkan zona dua dilaksanakan di Martapura dengan diikuti sementara 17 sekolah dengan 260 siswa dan siswi.

“Untuk jumlah yang akan diterima menjadi anggota paskibraka sebanyak 40 orang peserta dari setiap zona, Dari jumlah tersebut akan diambil enam peserta terbaik tiga putera dan tiga Puteri yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pelaksanaan seleksi dilaksanakan enam hari, mulaindari tanggal 18 hingga 23 Maret dengan tim seleksi terdiri dari TNI, POLRI, Disporapar Kabupaten OKU Timur dan dibantu dari tim kesehatan dengan koordinator PELDA Moh. Sancoko.
Para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) kata Isdaryono, akan melalui seleksi pengukuran tinggi badan dan berat badan, untuk putera 173 cm dan puteri 163 cm dan berat badan harus proporsional.

 

“Dari 680 peserta ini akan kita seleksi menjadi 80 peserta dan akan mengikuti tahap seleksi selanjutnya menjadi 40 peserta. Seleksi tingkat provinsi akan dilaksanakan di Palembang pada tanggal 24 hingga 27 April mendatang dan semoga tahun ini ada perwakilan dari OKU Timur yang bisa mengikuti seleksi tingkat nasional,” katanya.