Beranda NASIONAL Surat Suara yang Ditemukan Rusak akan Dikembalikan ke KPU RI

Surat Suara yang Ditemukan Rusak akan Dikembalikan ke KPU RI

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Sebanyak 369 lembar surat suara untuk DPRD Kabupaten ditemukan rusak. Kerusakan tersebut bervariasi mulai dari terpotong, sobek hingga terdapat lubang kecil pada surat suara. Hasil pelipatan akan diketahui kekurangan dan kerusakan surat suara. Untuk kekurangan Nanti diajukan ke KPU RI melalui KPU Sumsel. Setelah pelipatan kemudian dipacking sesuai kebutuhan mata pilih disetiap PPS.

Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya SSos I didampingi Komisioner Bawaslu OKU Timur Divisi Penanganan Pelanggaran, Apriandi SE saat meninjau proses pelipatan mengatakan, kerusakan surat suara yang ditemukan murni dari percetakan. Dijelaskannya, kerusakan surat suara yang ditemukan mulai dari kondisi kertas tergores, sobek di beberapa bagian, gambar sampul dan hasil guntingan mesin dalam keadaan miring.

“Sebelum dilipat, setiap kelompok yang melakukan pelipatan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan surat suara. Jika ada yang rusak langsung dipisahkan dan dilaporkan kepada petugas. Kemungkinan besar jumlah surat suara yang rusak masih akan bertambah karena proses pelipatan masih berlangsung,” kata Herman Jaya pada Kamis (21/3/2019).

Sementara itu, Kasubbag Logistik KPUD OKU Timur H Sutikno mengatakan, surat suara yang rusak saat ini seluruhnya untuk Pemilihan DPRD Kabupaten karena proses pelipatan masih berlangsung untuk DPRD Kabupaten. Secara rinci total 369 lembar surat suara yang rusak tersebut terdiri dari Dapil 5 rusak sebanyak 102 lembar, Dapil 3 rusak 47 lembar, Dapil 2 rusak sebanyak 31 lembar dan Dapil 4 yang rusak sebanyaj 189 lembar.

“Jadi total surat suara yang rusak sampai dengan pukul 14.30 WIB hari ini sebanyak 369 lembar,” ucapnya sambil merincikan.

Terkait surat suara yang rusak tersebut, diakui Sutikno akan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi untuk dilakukan penggantian sehingga tidak terjadi kekurangan jumlah kertas surat suara pada saat pelaksanaan pencoblosan di TPS nanti.

“Sampai saat ini proses pelipatan masih berlangsung sampai dengan hari Minggu nanti. Dimana pelipatan surat suara dilakukan oleh 34 kelompok,” ungkapnya.

Lalu lanjut kata dia, rencana pendistribusian logistik dari KPU ke PPK sesuai jadwal akan berlangsung April. Logistik yang belum masuk C1 Lampiran untuk DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi dan DPD untuk Capres dan Cawapres sudah diterima.

“Setelah dilipat, surat suara disimpan di gudang dan dikawal pihak kepolisian, Bawaslu dan KPU selama 24 jam,” ucapnya.

Untuk diketahui, total surat suara Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilres) tahun 2019 di Kabupaten OKU Timur sebanyak 2.484.336 lembar surat suara yang di kemas dalam 4.243 boks kardus.