Tingkatkan Mekanisme Pengelolaan Kegiatan, Dinas PMD Gelar Sosialisasi

kabarokutimur.com | OKU Timur – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten OKU Timur menggelar sosialisasi Perbub ADD, DD dan BPJS Kesehatan bagi Kepala Desa serta Perangkat. Sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman tentang mekanisme pengelolaan kegiatan sehingga kegiatan dapat berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat Dinas PMD, Kamis (21/3/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Rusman, SE, MM melalui Kabid Usaha Ekonomi Desa (UED) Dinas PMD OKU Timur Ahmad Yasir, S.IP mengatakan bahwa, selain peningkatan pemahaman tentang mekanisme pengelolaan kegiatan, juga dilaksanakan penyampaian tentang pemahaman kegunaan BPJS dan mendorong agar Kepala Desa dan perangkat desa punya perlindungan kesehatan.

“Kegiatan ini membahas tentang beberapa Peraturan Bupati (Perbub) tentang Alokasi Dana Desa (ADD) 2019, Dana Desa (DD) 2019, pengelolaan keuangan desa, pendelegasian kewenangan bupati kepada camat untuk mengevaluasi APBDes, Dana Bagi Hasil (DBH). Selain itu juga, kewajiban terdaftar sebagai anggota BPJS bagi Kepala Desa dan perangkat desa,” katanya.

Sementara itu, Bulkin selaku narasumber dari Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menambahkan, pihaknya membantu memberikan beberapa keterangan dan penegasan terkait beberapa hal diantaranya pertama tentang kelengkapan dokumen perencanaan terkait desain dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) pendamping terkait membantu pihak kecamatan dalam proses verifikasi APBDes.

“Kelengkapan dokumen dalam perencanaan RAB sangat dibutuhkan guna menunjang kelancaran dan kemudahan dalam pengelolaan kegiatan di desa. Sehingga Kades dan perangkat desa dapat melakukan pelayanan publik dengan baik,” pungkasnya.

Peserta sosialisasi yang turut hadir meliputi BPJS, Dinas PMD, Perwakilan Inspektorat, Camat, Kasi PMD, BKAD, Tenaga Ahli P3MD OKU Timur.