Beranda ADVERTORIAL Kembangkan Durian Musangking dan Bawor untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Kembangkan Durian Musangking dan Bawor untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

BAGIKAN

Bupati OKU Timur HM Kholid MD tanam bibit durian jenis Musangking dan Bawor dilahan pertanian milik Made Sukarawan di Desa Tegal Besar Kecamatan Belitang II. Dengan luas sekitar 9 hektar dengan estimasi satu hektar 100 batang batang durian, tentu di 4 sampai 5 tahun kedepan akan meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya dibidang pertanian.

HM Kholid MD dan Fery Antoni

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kepada Made Sukarawan karena telah mengembangkan pertanian di OKU Timur, diharapkan kedepan dapat memotivasi para pemuda di OKU Timur untuk gemar bertani khususnya bertani yang modern.

“Tentu yang dilakukan Made Sukarawan ini perlu diapresiasi dan di dukung penuh untuk peningkatan perekonomian di OKU Timur dibidang pertanian dan holtikultura. Karena durian jenis Musangking dan Bawor ini memiliki kualitas yang baik dan harganya lumayan mahal,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Sujarwanto mengatakan, dirinya tentu mendukung upaya yang dilakukan Made Sukarawan dalam mengembangkan budidaya buah durian, dengan harapan Kabupaten OKU Timur bisa menjadi Agro wisata buah. Namun bibit durian tersebut perlu dilakukan perawatan agar tumbuh dan berkembang secara maksimal.

“Karena umur 3 sampai 5 tahun durian Musangking dan Bawor sudah bisa menghasilkan buah, namun semua itu harus di dukung dengan pemupukan dan perawatan. Kemudian sebelum tanaman durian tumbuh besar lahan juga di gunakan tumpang sari dengan di tanami jagung,” jelasnya.

Sementara Made Sukarawan, mengatakan awalnya dirinya ingin menanam buah durian, karena ada famili yang berbisnis buah durian di Denpasar Bali, sehingga dirinya berkerja sama untuk menanam bibit durian. Untuk dikirim keluar Sumatera, karena hasil yang cukup menjanjikan. Meski harga bibitnya juga tergolong mahal, satu batang sampai Rp 250 ribu.

“Jadi jika nanti tanaman durian ini sudah berbuah akan kita jual keluar Sumatera, karena sudah ada pembeli yang siap menampung, sehingga tidak kesulitan lagi untuk masalah pemasaran,” jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah Khususnya bupati OKU Timur HM Kholid MD. Karena sudah mau menanam Perdan Bibit buah durian jenis Musangking dan Bawor.

“Saya kedepan juga akan melakukan program plasma dengan masyarakat, jadi kalau ada lahan yang tidak digarap bisa di tanam durian dengan sistem bagi hasil. Kita terget 20 hektar untuk penanaman buah durian ini,” pungkasnya. (adv).