Sistem OSS Memudahkan Masyarakat

Ilustrasi

kabarokutimur.com | OKU Timur – Masyarakat Bumi Sebiduk Sehaluan saat ini sudah bisa menggunakan Sistem Online Single Submission (OSS) sudah berjalan delapan bulan sejak peluncurannya pada Juli lalu.

Kepala Dinas DPMPTSP Kab OKU Timur Sonpiani mengatakan, OSS merupakan penerapan sistem pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang berlandaskan pada peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018.

“Seluruh perizinan sudah terhubung dengan lembaga OSS, masyarakat tidak perlu lagi membuat permohonan tertulis yang ditanda tangani oleh kepala desa atau camat setempat, hanya cukup memenuhi syarat seperti memiliki KTP elektronik dan NPWP yang valid”, ungkap

Kadin DPMPTSP Kab OKU Timur Sonpiani.
Namun bagi masyarakat yang belum mempunyai NPWP tambahnya, akan dibantu untuk diarahkan dan dihubungkan ke kantor pelayanan pajak supaya dapat memenuhi syarat dalam pendaftaran OSS tersebut.

Menurutnya, OSS ini merupakan sebagai upaya percepatan kemudahan berusaha dan meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan nonperizinan. “Masyarakat bisa mendaftar sendiri dengan cara mengakses langsung akun OSS, namun bagi masyarakat yang belum mengerti, silahkan datang langsung ke Dinas PMPTSP, kami siap mendampingi dalam pendaftarannya”, jelasnya.

Dikatakannya, sejauh ini yang sering menjadi kendala adalah jaringan dalam penginputan data perizinan yang diajukan pemohon, namun hal tersebut bukan masalah yang berarti, sebab walaupun dalam prosesnya terkendala oleh jaringan sistem, DPMPTSP tetap akan menyelesaikannya.

“Karena pelayanan terhadap masyarakat harus kami prioritaskan, karena kami mengharapkan masyarakat yang datang ke kantor DPMPTSP merasa senang dan pulang dengan kepuasan”, ungkap Sonpiani.

Kepala dinas DPMPTSP menghimbau kepada masyarakat khususnya pelaku usaha untuk melengkapi usahanya dengan dokumen perizinan. “Kami berharap kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam melengkapi usahanya dengan dokumen perizinan, silahkan datang ke Dinas PMPTSP untuk mengurus dokumen izin usahanya, kami akan melayani dengan baik”, imbuhnya.