Beranda OKU TIMUR Gelar Pelatihan untuk Ciptakan PR yang Handal

Gelar Pelatihan untuk Ciptakan PR yang Handal

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang etika dan tata bahasa yang baik dalam berbicara atau berkomunikasi sebagai seorang Humas atau Public Relation (PR). Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Bagian Humas dan Protokol Setda OKU Timur mengadakan sosialisasi peraturan perundang undangan  tentang kehumasan dan public speaking. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Dewi II Kota Baru Selatan, Kamis (28/3/2019).

Peserta yang hadir sebanyak 100 orang terdiri dari staf kecamatan, kelurahan, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) serta Darma Wanita Persatuan OKU Timur, Tim Penggerak PKK OKU Timur, KNPI OKU Timur, Karang Taruna OKU Timur, dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) OKU Timur, perwakilan pelajar di OKU Timur.

Bupati OKU Timur HM Kholid MD dalam sambutanya yang disampaikan oleh Assisten III Setda OKU Timur M. Ali MM mengatakan, Humas atau Public Relation di pemerintahan memiliki dua tugas pokok yang sangat penting, yang pertama bertugas menyebarkan informasi secara teratur mengenai kebijaksanaan, perencanaan dan hasil yang telah dicapai. Yang kedua bertugas menerangkan dan mendidik public mengenai peraturan perundang’undangan dan hai-hal yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat Sehari-hari.

“Humas juga berfungsi korektif yaitu untuk membetulkan hal-hal yang tidak baik, menjawab celaan-celaan atau kritik dari masyarakat. Serta menepis berita Hoax yang viral saat ini dan untuk menghilangkan pendapat atau desas desus serta laporan yang tidak benar mengenai pemerintahan,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, Humas merupakan bagian terpenting dalam suatu Organisasi yang memiliki fungsi untuk melakukan interaksi, hubungan dan kerjasama baik antar pemerintahan maupun dengan masyarakat yang memiliki tanggungjawab dalam membangun dan mempertahankan reputasi, citra, komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan public. Untuk menunjang tugas dan fungsi Humas atau Public Relation tersebut dibutuhkan Kemampuan berbicara maupun komunikasi yang baik oleh seorang Humas atau Public Relation terutama kemampuan berbicara dimuka umum

“Tidak sedikit orang merasa takut dan tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum, bahkan orang yang telah memiliki jabatan sekalipun. Keterampilan berbicara di depan umum akan menjadi penyakit psikologis pada sebagian orang yang belum terbiasa berbicara di depan umum apabila tidak dilatih,” pungkasnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini peserta diharapkan mampu untuk memahami teknik dan etika dalam berbicara dengan orang lain, memahami teknik implementasi kemampuan komunikasi efektif serta menjadi Humas atau Public Relation yang baik.

“Diharapkan dengan adanya seorang Public Relation yang handal dan profesional yang mampu menyebarluaskan informasi secara transparan dan bertanggung jawab diberbagai program dan kegiatan suatu institusi atau organisasi kepada pihak lain,” harapnya.

Sementara itu, kepala bagian Humas dan Protokol Setda OKU Timur Ikra Sentana S.STP melalui Kasubag Humas Sri Bainun S.I.Kom menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu peserta mempelajari bagaimana sikap seorang Humas atau Public Speaking menggunakan teknik dan etika berbicara, intonasi suara saat melaksanakan komunikasi dengan pihak lain dan bagaimana mendayagunakan tata bahasa, kosakata yang tetap dalam berbicara dengan penuh inspirasi.

“Serta untuk memberikan teknik yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa takut saat berbicara di depan umum sehingga dapat menciptakan komunikasi yang efektif dan efisien menuju tercapainya apa yang menjadi keinginan kita kepada pihak lain. Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan berkomunikasi bagi seorang Humas atau Public Relation secara efektif, efisien dan profesional di berbagai jenis acara,” pungkasnya.