Beranda Berita Peran Orang Tua Diharapkan Dapat Membantu Siswa Dalam Mengikuti Ujian

Peran Orang Tua Diharapkan Dapat Membantu Siswa Dalam Mengikuti Ujian

BAGIKAN
Foto : Kepala SMAN 2 Martapura H.M Sutam, S.Pd, MM, bersama staf Tata Usaha saat mengecek komputer

kabarokutimur.com | OKU Timur – Sebanyak 222 siswa-siswi SMAN 2 Martapura mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk jurusan IPA terdapat 78 orang, laki-laki 32 orang dan perempuan 46 orang. Sedangkan untuk jurusan IPS berjumlah 144 orang dengan laki-laki 50 orang serta perempuan 94 orang. Sebelumnya pihak sekolah mengadakan doa bersama yang dilaksanakan pada hari Jumat lalu. Untuk pelaksanaan ujian menggunakan dua ruang dimana dalam satu ruangan terdapat 40 unit serta saru server dalam satu ruangan dan ada saru server cadangan.

Menurut Kepala SMAN 2 Martapura H.M Sutam, S.Pd, MM, dalam satu hari pelaksanaan UNBK dilakukan sebanyak tiga sesi. Dalam satu sesinya rentang waktu untuk mengerjakan soal ujian diberikan selama dua jam. Ujian ini dilakukan selama empat hari dengan empat mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, serta yang terakhir mata pelajaran pilihan yang mana siswa memilih sendiri mata pelajaran untuk ujiannya.

“Untuk ujian hari pertama ini alhamdulillah berjalan lancar tidak ada kendala selama pelaksanaan ujian. Untuk berjaga-jaga pihak sekolah menyiapkan genset supaya saat listrik padam ujian tetap berjalan lancar,” katanya saat meninjau ruangan ujian, Senin (1/4/2019).

Sutam berharap, sekolah-sekolah yang kurang laptop atau komputer mohon untuk diberikan bantuan kepada pemerintah. Dimana saat ini kita masih kekurangan kumputer sebanyak 20 unit dan meminjam komputer guru-guru untuk mencukupi pelaksanaan UNBK. Selain itu PLN juga diminta untuk tidak melakukan pemadaman saat UNBK berlangsung.

“Untuk komputer atau laptop idealnya seperempat dari jumlah peserta ujian. Sehingga untuk menutupi kekurangan tersebut pihak sekolah meminjam laptop dari guru-guru yang mempunyai laptop,” pungkasnya.

Selain itu diharapkan juga kepada orang tua agar lebih memperhatikan anak-anaknya saat dirumah selama mengikuti UNBK, dimana UNBK merupakan tolak ukur keberhasilan siswa selama menjalani pendidikan disekolah.

“Untuk orang tua diharapkan lebih memperhatikan anak anaknya karena ujian ini menentukan keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan selama di sekolah,” harapnya.