Beranda OKU TIMUR Evaluasi dan Perbaikan Rencana Kerja BUMDes Diharapkan Mampu Meningkatkan Keberhasilan

Evaluasi dan Perbaikan Rencana Kerja BUMDes Diharapkan Mampu Meningkatkan Keberhasilan

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Sribudaya serta Pengurus BUMDes Inti Karya Mandiri Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur melakukan kegiatan evaluasi hasil pelaksanaan kegiatan tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyusunan perbaikan rencana kerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat BUMDes Inti Karya Mandiri, Selasa (2/4/2019).

Menurut Pendamping Desa Nursidiq saat dibincangi wartawan mengatakan, kegiatan evaluasi dilakukan guna mengidentifikasi serta mengukur dan menilai apakah hasil pelaksanaan kegiatan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Kemudian dalam kegiatan ini dilakukan juga penyusunan perbaikan rencana kerja serta terdapat berapa hal yang menjadi pembahasan.

“Dalam kegiatan ini juga membahas pertama kelengkapan administrasi pendukung baik AD/ART, Rencana Kerja, Rencana Anggaran, Pelaporan, SOP. Lalu yang kedua, pemetaan dan pendataan target pasar. Serta yang ketiga jenis produk dan rencana kerja produksi baik dimulai dari kesiapan peralatan, bahan baku, produksi maupun tentang pengemasan. Selanjutnya yang terakhir membahas tentang jalur distribusi dan teknis penjualan serta promosi hasil produksi,” katanya.

Selain itu perbaikan rencana kerja ini, lanjut kata Nursidiq, diharapkan mampu menjadi jembatan bagi pengurus dalam mengkomunikasikan segala ide dan gagasan kepada pihak lain. Selanjutnya hasil dari perbaikan rencana kerja tersebut dapat dijadikan dasar dalam hal pembiayaan, seperti modal, saluran sirkulasi finansial, pengeluaran, dan pendapatan sehingga tujuan yang direncanakan dapat tercapai.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi dan komunikasi bagi pengurus. Lalu dari hasil perbaikan ini dapat dijadikan dasar untuk melakukan kegiatan. Sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut nantinya tepat sasaran dan berhasil,” harapnya.