Beranda OKU TIMUR Bimtek Situng Matangkan Persiapan Pemilu Serentak

Bimtek Situng Matangkan Persiapan Pemilu Serentak

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk memberikan pemahaman kepada jajaran penyelenggara tentang proses pemungutan dan penghitungan suara, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten OKU Timur melakukan Bimbingan Teknis Aplikasi perhitungan suara (situng pindai, entry, aggregator dan web) pemilu serentak 2019. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan operator PPK se-OKU Timur yang dilaksanakan pada Kamis (4/4/2019).

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya melalui Komisioner KPUD OKU Timur Sunarto SP Divisi Teknis Penyelenggaraan mengatakan bahwa, Bimtek ini membahas tentang penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Pemilu 2019. Selain itu, untuk menunjang kemampuan PPK dan Operator PPK, tentang tata cara aplikasi Situng untuk membantu rekapitulasi.

“Bimtek yang kita lakukan ini tujuannya tidak lain agar PPK dan operator lebih paham dalam menjalankan tugas,” katanya.

Lalu lanjut kata dia, setelah di input ke aplikasi kemudian hasilnya di print hal ini untuk mempermudah rekap tingkat kecamatan. Diketahui, meskipun demikian laporan ke KPU tetap menggunakan cara manual untuk ditandatangani, karena itu sudah sesuai aturan yang berlaku.

Sedangkan pengisi materi dalam Bimtek yang berlangsung di aula KPU OKU Timur, Kasubag Teknisi Ito Sunardi dan operator Situng Ari Permana. Dengan Bimtek ini juga diharapkan bisa memperkecil kesalahan saat melakukan rekapitulasi. “Materi yang disampaikan tentang tata cara rekapitulasi,” ujarnya.