Beranda OKU TIMUR Kaum Milenial Harus Pintar Memilah Berita Hoax

Kaum Milenial Harus Pintar Memilah Berita Hoax

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Puluhan peserta dari SMA/SMK/MA se-OKU Timur dan juga berbagai Mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Kabupaten OKU timur mengikuti kegiatan diskusi pemilu damai. Diskusi tersebut diadakan oleh Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (DPD PGK) OKU Timur dengan mengusung tema ‘Mewujudkan Pemilu 2019 Damai Tanpa Hoax dan Isu Sara. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari KPUD OKU Timur, BAWASLU OKU Timur serta HMI OKU Timur, yang dilaksanakan di Aula STIT Misbahul Ulum Gumawang.

Hendrianto, S.Pd selaku Ketua DPD PGK OKU Timur mengatakan, akhir-akhir ini di dunia maya dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih di kenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu sebagai kaum Millennial harus bisa mempelajari dulu berita tersebut sebelum share maka harus di saring.

“Berita hoax beberapa waktu ini banyak tersebar di dunia maya maka sebagai kaum Milenial harus bisa memilah mana yang hoax dan mana yang tidak hoax. Sehingga informasi atau berita yang tidak pasti kebenarannya atau hoax tidak tersebar kemana-mana,” katanya seraya menambahkan bahwa PGK sudah terbentuk di 34 provinsi seluruh Indonesia dan juga sudah terbentuk di 17 kabupaten/kota di wilayah Sumatera Selatan.

Sementara itu, Ali Muhsonudin, SE, Komisioner KPUD OKU Timur Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan, turut mengapresiasi dengan kegiatan diadakannya diskusi pemilu damai ini, karena sangat membantu penyelenggara khususnya KPU dalam proses mensosialisasikan pemilu damai. Sehingga dengan pemilu damai ini akan dapat terlaksana dengan baik, aman, nyaman.

“Kegiatan diskusi pemilu damai ini ada beberapa poin yang sangat baik bagi kita dan seluruh peserta, pertama, mewujudkan pemilu langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, kedua melaksanakan dengan proses yang sudah di lakukan oleh peserta pemilu kampanye supaya juga dapat dilakukan dengan aman tertib damai berintegritas tanpa Hoax, Politisasi Sara, dan Politik uang. Selanjutnya, Pelaksanaan Proses ini yang dilakukan oleh peserta pemilu itu yang dilakukan proses kampanyenya harus berdasarkan juga peraturan perundang-undangan yang berlaku,” pungkasnya.

Sedangkan, Ahmad Gufron, SE, Ketua Bawaslu Oku Timur mengatakan, kalau bisa untuk mensosialisasikan pemilu damai kepada masyarakat, jangan hanya melalui acara ini saja. Melainkan terus berlanjut sampai ke jenjang tingkat bawah, sehingga pelaksanaan Pemilu serentak 2019 yang akan datang dapat terlaksana dengan baik.

“Sosialisasikan Pemilu damai kepada seluruh rekan-rekan yang ada di OKU Timur serta kepada masyarakat. Bahwa dengan pemilu damai dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman untuk menyalurkan suara pada saat pencoblosan nanti,” ujarnya.