KPPS Harus Pahami Tugas dan Tanggungjawabnya

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk memberikan pemahaman tugas dan tangung jawab sebagai penyelenggara pemilu 2019, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Belitang Jaya melakukan pelantikan Ketua dan Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di 13 Desa yang ada di Kecamatan Belitang Jaya, dan dilanjutkan dengan Bimtek KPPS. Hal ini dilakukan agar pemilu tahun ini berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala, khususnya di Kecamatan Belitang Jaya dan umumnya di Kabupaten OKU Timur.

Sebanyak 67 ketua KPPS dimana setiap TPS ada 7 anggota ini dilantik langsung oleh Ketua PPK Belitang Jaya Ariyanto SE MSi, dan disaksikan oleh anggota PPK serta anggota Komisioner KPUD OKU Timur Ali Muhsonudin. Selain itu, turut pula hadir sejumlah tamu undangan dari Koramil, Kapolsek, Ketua dan Anggota PPS. Dalam pelantikan ini, sekaligus juga dilakukan bimbingan teknis (bintek) pemungutan dan penghitungan suara dan simulasi pengisian form C1 untuk KPPS.

Ketua PKK Kecamatan Belitang Jaya, Ariyanto SE MSi mengatakan, dengan dilantiknya KPPS di Kecamatan Belitang Jaya, tentu ketua dan anggota KPPS harus memiliki tugas dan tangung jawab dalam menyukseskan pemilu Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden.

“Jadi anggota KPPS selaku ujung tombak dalam penyelenggaraan pemilu harus paham dan mengerti tentang tugas dan tangung jawabnya, agar tercipta pemilu yang damai,” ucapnya.

Sementara Komisioner KPU OKU Timur Ali Muhsonudin SE mengatakan, dirinya menghimbau kepada anggota KPPS harus bisa menjaga netralitas dalam menjadi panitia pemilu di level paling bawah. Selain itu anggota KPPS harus memahami tugas dan tangung jawab sebagai penyelenggara pemilu.

“Seperti halnya anggota KPPS yang membaca hasil pemilu memiliki suara yang keras dan petugas yang menulis hasil pemilu harus memiliki pendengaran yang bagus, jadi dengan demikian tidak akan ada permasalahan dan proses perhitungan suara nantinya,” jelasnya.