Jelang Pemilu, OKU Timur Masih Terdapat Beberapa Kendala

kabarokutimur.com | OKU Timur – Pelaksanaan Pemilihan Umun (Pemilu) 2019 di Kabupaten OKU Timur pada 17 April 2019 nanti, masih banyak ditemukan adanya kendala-kendala di lapangan yang sangat berdampak pada pelaksaan nanti. Salah satu kendala yang sangat berarti adalah kekurangan surat suara yang masih ditemukan. Hal ini terungkap saat dilaksanakan rakor persiapan akhir pelaksanaan Pemilu 2019 di ruang Media Centre Pemkab OKU Timur, Kamis (11/4/2019).

Dalam rakor tersebut terungkap kekurangan surat suara mencapai 17.870 lembar. Kekurangan surat tersebut terjadi baik untuk surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, sampai DPRD Kabupaten.

Menurut Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya, kekurangan surat suara untuk presiden dan wakil presiden sebanyak 2.959 lembar, surat suara DPD sebanyak 2.738 lembar, surat suara DPR RI sebanyak 3.732 lembar dan untuk surat suara DPRD Provinsi sebanyak 3.589 lembar.

“Sementara untuk kekurangan surat suara, DPRD Kabupaten, untuk Dapil I sebanyak 804 lembar, DPRD Kabupaten Dapil II sebanyak 1.006 lembar, DPRD Kabupaten Dapil III sebanyak 1.091 lembar, DPRD Kabupaten Dapil IV sebanyak 1.199 lembar serta kekurangan untuk DPRD Kabupaten Dapil V sebanyak  752 lembar,” katanya.

Selain kekurangan surat suara Herman mengakui kekurangan juga masih terdapat untuk formulir C1 DPRD Kabupaten Dapil II, III dan V. Formulir C1 pleno Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPRD RI dan DPRD Kabupaten. Lalu terkait kekurangan surat suara tersebut, diakui Herman pihaknya telah melaporkan ke KPU Provinsi dan KPU Provinsi telah menembuskannya ke KPU RI. Dimana untuk surat suara yang kurang akan dilakukan cetak ulang dan langsung di distribusikan ke KPU Provinsi.

“Bahkan kita juga kekurangan tinta sebanyak 8 botol. Mudah-mudahan hal ini tidak menjadi kendala sebab surat suara kurang sudah dicetak ulang dan besok akan dikirim langsung ke KPU Provinsi,” jelasnya dihadapan Bupati, Kajari, Kapolres dan Dandim 0403 OKU.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengharapkan adanya koordinasi yang baik antar seluruh instansi untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019. Untuk pendistribusian logistik agar diantisipasi karena saat ini cuaca sering hujan, supaya logistik yang didistribusikan dibungkus plastik baik kotak maupun surat suara agar tidak rusak.

“Utamakan komunikasi agar tidak ada kesalahan laporan saat penghitungan suara. Jika ada kendala di lapangan segera dilaporkan agar cepat dicarikan solusinya,” jelas Bupati.