Beranda OKU TIMUR Masa Tenang Pemilu, Bawaslu OKU Timur Bersihkan Seluruh APK

Masa Tenang Pemilu, Bawaslu OKU Timur Bersihkan Seluruh APK

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Bawaslu OKU Timur melaksanakan penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu baik calon legislatif, DPD maupun calon presiden dan wakil presiden. Hal ini dilakukan karena telah memasuki masa tenang Pemilu 2019. Penertiban APK yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah OKU Timur, Minggu (14/4/2019).

Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Ghufron yang didampingi Kordiv Pengawasan, Hukum, dan Hubungan Antar Lembaga, Benny Tenagus SKM mengatakan, penertiban dan penurunan seluruh  ini dilaksanakan oleh tim gabungan yang terdiri dari Bawaslu, Pol PP, Polres OKU Timur, Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur, Kodim 0403 OKU serta Dinas Perhubungan.

“Sejauh ini penertiban dan penurunan APK masih berlangsung, baik di wilayah Martapura dan sekitarnya maupun di wilayah Belitang dan daerah lain yang ada di Kabupaten OKU Timur,” ujarnya.

Lanjut kata Beni, untuk proses penertiban dan pelepasan APK pihak Bawaslu OKU Timur berkoordinasi bersama Sat Pol PP dan Damkar serta Dinas Perhubungan OKU Timur untuk melepas dan menertibkan APK tersebut.

“Untuk proses penertiban APK yang wajib melepas adalah pihak Pol PP, bukan Bawaslu. Dimana kita hanya mendampingi petugas saat melaksanakan penertiban APK,” jelas Beni.

Pada kesempatan itupula, Bawaslu OKU Timur menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak-pihak baik itu calon legislatif, tim sukses maupun tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden untuk mematuhi peraturan dan perundang-undangan yang ada tentang tahapan-tahapan Pemilu tahun 2019 serta turun berperan menurunkan APK yang sudah terpasang.

“Harapan kita pelaksanaan Pemilu serentak khususnya di Kabupaten OKU Timur berjalan kondusif, aman dan tidak terjadi banyak permasalahan baik selama masa tenang ini hingga hari pencoblosan dan setelahnya sampai dengan penghitungan dan penetapan suara,” pungkasnya.