Lantik Penegak Laksana, Ini Pesan Kamabigus SMAN 1 Martapura…

kabarokutimur.com | OKU Timur – Gugus Depan (Gudep) gerakan Pramuka SMAN 1 Martapura melakukan pelantikan Penegak Laksana. Pelantikan 27 Penegak Laksana pramuka dilakukan langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) yang juga Kepala Sekolah SMA N 1 Martapura Drs H Akso, MM di lingkungan SMA N 1 Martapura, Senin (15/4/2019).

Kepala SMAN 1 Martapura sekaligus Kamabigus Drs Akso mengatakan, tujuan dilakukan pelantikan untuk membekali anggota pramuka agar lebih disiplin, tangguh, sehat dan mandiri sehingga tidak merepoti orang tua. “Pelantikan ini kita laksanan setiap tahun khususnya kelas X1, hal ini untuk regenerasi kegiatan pramuka disekolah. Kita berharap apa yang didapat selama pembekalan dan pelatihan bisa diterapkan di kehidupan sehari-sehari. Karena banyak pelajaran yang diberikan berupa pendidikan agar menjadi remaja yang tangguh,” katanya.

Dikatakan, Untuk penegak laksana ini baru berjalan dua tahun karena Syarat Kecakapan Umum (SKU) bagi anggota agak sulit karena anggota harus membuat Teknologi Tepat Guna (TTG) serta cara merawat dan memandikan jenazah. Karena dalam SKU terdapat nilai-nilai akademik, religius dan teknologi. Sedangkan untuk kegiatan pramukanya sudah dilakukan sudah sejak sekolah berdiri, karena pramuka salah satu ekstrakulikuler unggulan.

“Untuk jadwal latihan kita lakukan satu minggu sekali di hari selasa. Sedangkan untuk total seluruh anggota pramuka kita dari kelas X dan kelas X1 mencapai 90 orang,” katanya.

Sementara itu, Mastur selaku pembina putra didampingi Samiati selaku pembina putri mengatakan, sebelum pelantikan dilakukan terlebih dahulu melakukan kemah pengembaraan calon laksana yang dilakukan selama tiga hari. Start di SMAN 1 Martapura hingga ke Desa Peracak Kecamatan Bunga Mayang lalu kembali finish di SMAN 1 Martapura.

“Sebelumnya anggota pramuka calon laksana melakukan perkemahan pengembaraan calon laksana. Dalam kegiatan tersebut calon laksana jalan kaki sejauh 30 km. Selain itu juga, diadakan pemberian materi yang diantaranya kepramukaan, Baksos, free tes, pos tes, kepemimpinan, manajemen keuangan, dapur umum serta kegiatan religius,” pungkasnya.