Beranda NASIONAL Raih 71 Diinput 771, KPUD OKU Timur Akui Kelelahan saat Input Data

Raih 71 Diinput 771, KPUD OKU Timur Akui Kelelahan saat Input Data

123
0
BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Dalam proses input data yang dilakukan operator Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur terdapat beberapa kesalahan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur, Herman Jaya SSos melalui komisioner divisi Teknis Penyelengara, Sunarto SP bahwa adanya kesalahan input data yang dilakukan operator Sistem Hitung (Situng) pada Pilpres 2019.

Kesalahan tersebut terlihat dimana suara pasangan capres nomor urut 01 mengalami penambahan yang cukup signifikan dari data C1 untuk TPS 01, Desa Giri Mulya, Kecamatan Belitang Jaya, Kabupaten OKU Timur. Berdasarkan data C1 pasangan 01 Jokowi-Makruf Amin mendapatkan suara sebanyak 71 suara dan pasangan nomor 02 Prabowo-Sandi mendapatkan 73 suara dengan total suara sah 144.

Akan tetapi, operator Situng KPU OKU Timur mencatat perolehan suara untuk pasangan nomor 01 sebanyak 771 suara atau terjadi penggelembungan 700 suara. Diakui Sunarto kesalahan tersebut murni kelalaian dan tidak ada unsur kesengajaan. Dimana kesalahan terjadi akibat operator Situng kelelahan.

“Kesalahan ini terjadi Minggu (21/4/2019) sekitar pukul 17.00 WIB. Namun kesalahan input data ini sudah kita perbaiki subuh tadi. Operator situng salah input karena kelelahan. Walaupun terinput 771 untuk suara 01 namun tidak merubah jumlah total keseluruhan suara sebanyak 144 suara. Yang jelas kesalahan sudah kita perbaiki,” kata Sunarto saat dikonfirmasi Selasa (22/4/2019) di kantor KPU OKU Timur.

Sementara itu, saat ini KPU OKU Timur tengah melalukan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dimana berdasarkan hasil penghitungan suara untuk PPK Martapura, pasangan Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandianga Uno unggul dibandingkan pasangan 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin, setelah dilakukan pleno terbuka yang dihadiri masing-masing  saksi dari kedua belah pihak. Selain itu juga dilakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten.

Rapat pleno berlangsung di kantor PPK Martapura di Kota Baru, Martapura dipimpin oleh  Ketua PPK Martapura Oki Endrata Wijaya. Berdasarkan hasil perolehan suara dan keputusan rapat pleno pasangan pasangan 01 mendapat 10.582 suara. Sedangkan pasangan 02 memperoleh suara 20.842 suara. Total keselurahan jumlah suara sah untuk Kecamatan Martapura sebanyak 31.424 dengan surat suara tidak sah 402.