Beranda OKU TIMUR Lomba Desa Sarana Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Lomba Desa Sarana Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Setelah meraih juara pertama lomba desa tingkat kabupaten, Desa Sidodadi, Kecamatan Belitang mewakili Kabupaten OKU Timur untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi. Tim Penilai lomba desa tingkat Provinsi Sumsel tahun 2019 mendatangi Desa Sidodadi Kecamatan Belitang untuk melakukan penilaian. Segala persiapan sudah dilakukan Desa Sidodadi agar bisa masuk lima besar ditingkat provinsi. Dimana Kepala Dinas PMD Provinsi Sumatera Selatan H Yusni turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) H Rusman SE dalam sambutannya mengatakan, untuk Kabupaten OKU Timur diwakili oleh Desa Sidodadi karena ini merupakan hasil dari penilaian lomba desa tingkat Kabupaten OKU Timur Desa Sidodadi, Kecamatan Belitang meraih juara I. Sedangkan untuk juara dua Desa Nikan, Kecamatan Madang Suku III serta juara III Desa Nusa Tenggara Kecamatan Belitang III.

“Saya mengucapkan selamat pada para kades masyarakat dan Camat yang telah berhasil mendapatkan prestasi dalam lomba desa tingkat Kabupaten OKU Timur. Prestasi yang saudara raih terus ditingkatkan dan yang belum mendapat prestasi berlomba-lombalah untuk membangun masyarakat bangsa dan negara,” katanya.

Lomba desa, lanjut kata dia, merupakan salah satu sarana untuk menciptakan masyarakat yang aman, damai dan sejahtera. Selain itu juga diminta kepada aparatur desa dan aparatur kecamatan dituntut mampu melaksanakan dan meningkatkan berbagai bidang pembangunan diantaranya mampu meningkatkan mutu pendidikan, mampu meningkatkan mutu kesehatan masyarakat. Serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selain itu juga aparatur mampu menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban, juga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Lalu harus mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan dan program-program pemerintah juga harus mampu memberdayakan kelembagaan masyarakat serta harus mampu menjalankan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” pungkasnya.

Selain itu dirinya berharap melalui kompetensi penilaian lomba desa tingkat provinsi Sumatera Selatan ini Kabupaten OKU Timur dapat menjadi yang terbaik diantara kabupaten atau kota lainnya yang ada di provinsi Sumatera Selatan. “Sehingga kedepan menuju kabupaten dengan masyarakat yang maju dan terdepan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidodadi Jupri Alamsah mengatakan, persiapan yang dilakukan dirinya bersama perangkat juga masyarakat Desa Sidodadi untuk menghadapi penilaian tim penilai lomba desa dari Provinsi Sumsel sudah maksimal. Pihaknya juga sudah  menunjukkan prestasi desa yaitu melalui tingkat ekonomi. Rata-rata masyarakat desa petani dan pedagang.

“Tentunya kita berusaha dan berdoa agar bisa menjadi juara dalam lomba desa ini. Selain itu masyarakat desa kita kegiatanya bertani dan pedagang yang rata-rata sawah,” katanya.

Selain itu juga, masalah ekonomi masyarakat desa juga menjadi penilaian tim desa juga. Maka dari itu semua pihak desa sudah memiliki kriteria itu semua. “Jadi mudah-mudahan bisa juara dalam lomba desa ini,” pungkasnya.

Sedangkan, Camat Belitang Agustoni Jaini mengatakan, dirinya bangga dengan Desa Sidodadi yang bisa mewakili OKU Timur ditingkat provinsi dalam lomba desa. Dengan masuknya desa diwilayahnya ditingkat provinsi akan memotivasi desa lainya untuk lebih baik lagi.

“Bangga boleh dengan prestasi saat ini, namun tidak boleh berlebihan, dan teruslah berbenah. Dan biarkan juri yang menilai. Namun harapan saya Desa Sidodadi masuk dalam kelas juaralah ditingkat provinsi,” ucapnya.