Beranda OKU TIMUR Kejari OKU Timur Terus Pantau Pengunaan Dana Desa

Kejari OKU Timur Terus Pantau Pengunaan Dana Desa

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Kejaksaan Negeri OKU Timur terus melakukan pemantauan terhadap pengunaan dana desa yang alokasi dananya bersumber dari APBN. Jangan sampai ada kepala desa melakukan penyalahgunaan dana desa. Mengingat pengunaan dana tersebut harus sesuai dengan aturan yang ada serta pengunaanya harus dipertangungjawabkan.

Menurut Kejari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie SH Mhum melalui Kasi Intel Yul Khaidir SH, kalau di desa ada pembangunan yang mungkin tidak sesuai dengan aturan yang ada, bagi masyarakat silahkan membuat aduan secara tertulis kepada pihak Aparat Penegak Hukum, baik Kejaksaan atau pihak kepolisian.

“Bagi kepala desa yang memang terbukti tidak mengunakan anggaran Dana Desa tentunya akan kita proses secara hukum, namun tentunya semua itu perlu proses penyidikan terlebih dulu. Tentunya jika ada laporan dari masyarakat, kita selaku pihak penegak hukum akan menindak lanjuti laporan dan menyelidikinya,” katanya saat dibincangi wartawan diruang kerjanya.

Namun semuanya, lanjut kata dia, sesuai dengan prosedur, apabilan ada dugaan penyalahgunaan pengelolaan dana desa pihak Aparat Pengawas Interen Pemery (APIP) melaporkan kepada Aparat Penegek Hukum (APH). Mengingat bantuan dana desa diperuntuhkan untuk kesejahteraan masyarakat, jadi masyarakat harus ikut melakukan pemantauan. Kemudian dana terebut harus digunakan sebagaimana mestinya, jangan untuk kepentingan pribadi.

“Kalau dana tersebut digunakan untuk kepantingan pribadi tentunya hal itu sudah menyalahi aturan dan jika kepala desa tersebut ternukti bersalah, tentunya akan kita hukum sesuai dengan perbuatanya,” jelasnya.