Beranda ADVERTORIAL Pemkab OKU Timur Kembangkan Budidaya Ikan Keramba bersama Polres OKU Timur

Pemkab OKU Timur Kembangkan Budidaya Ikan Keramba bersama Polres OKU Timur

BAGIKAN

Kapolda Apresiasi Pemkab OKU Timur

Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Zulkarnain Adinegara sangat mengapresiasi program pengembangan budidaya ikan keramba yang dilakukan Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Perikanan dan Peternakan bersama Polres OKU Timur. Selain itu, sinergi yang baik antara Pemkab dan Polres OKU Timur melalui program pembinaan bagi mantan narapidana dengan memberikan lapangan pekerjaan, menjadikan OKU Timur sebagai daerah percontohan yang baik bagi daerah lain di Indonesia.

Demikian diungkapkan Kapolda dalam sambutannya yang dibacakan Wadir Binmas Polda Sumsel AKBP Syafruddin saat melakukan penebaran benih ikan keramba apung kerjasama Sat Binmas dan Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur, di Desa Negeri Pakuan, Jumat (26/4/2019).

Menurut Kapolda dengan pemberian bibit ikan kepada masyarakat diharapkan mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat yang pada akhirnya akan menekan angka kriminalitas. Selain itu pemberian bibit ikan, di OKU Timur juga ada kerjasama pembinaan bagi mantan narapidana untuk menanam semangka sehingga diharapkan tidak mengulangi perbuatannya setelah kembali ke masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab OKU Timur dan Polres OKU Timur. Ini akan dilaporkan ke Mabes dan jadi percontohan nasional. Terobosan yang sangat baik ini akan kita jual biar jadi contoh daerah dan Polres lain. Dimana selain menekan tindak kejahatan dengan memberikan sanksi tegas, masyarakat juga dirangkul dengan memberikan lapangan pekerjaan,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi melalui Wakil Bupati Fery Antoni SE mengatakan, program pengembangan budidaya perikanan khususnya usaha budidaya ikan dalam karamba sebagai upaya peningkatan pemberdayaan potensi perairan umum baik di Daerah Aliran Sungai (DAS) maupun lokasi cekdam/bendali.

Prioritas pelaksanaan program pengembangan budidaya perikanan ini adalah lokasi di sepanjang  aliran sungai Komering. Adapun tujuan pengembangan usaha budidaya ikan dalam karamba ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir Komering dan membuat peluang usaha perikanan bagi masyarakat di pesisir sungai Komering.

“Pada tahun ini kegiatan budidaya ikan dalam karamba dialokasikan sebanyak 40 petak yang tersebar di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Martapura, di Desa Keromongan dialokasikan lima petak, Kecamatan BP Peliung, di Desa Negeri Pakuan lima petak. Kecamatan Madang Suku II, di Desa Sukanegara sebanyak 14 petak, Kecamatan BP Bangsa Raja, di Desa Anyar sebanyak delapan petak serta Kecamatan Madang Suku III, di Desa Batumarta VI sebanyak delapan petak,” ucap Bupati.

Melalui pengembangan budidaya ikan dalam karamba ini diharapkan kedepannya masyarakat khususnya di sepanjang pesisir daerah aliran sungai Komering dapat memanfaatkan dan menjaga potensi perikanan yang secara tidak langsung ikut dalam melestarikan lingkungan perairan umum di Kabupaten OKU Timur.

“Semoga pengembangan perikanan budidaya dalam karamba ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat khususnya di pesisir DAS sungai komering dalam wilayah Kabupaten OKU Timur,” harapnya.

Sebelum penebaran benih ikan, dilakukan pelantikan Pengurus Saka Bayangkara Polres OKU Timur, dimana Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya dilantik menjadi Ketua Mabisaka. Usai pelantikan dilanjutkan dengan meninjau kemah Pramuka di Hutan Kota Martapura. (adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.