Beranda ADVERTORIAL Bentuk Duta Wisata yang Berwawasan Luas dan Profesional

Bentuk Duta Wisata yang Berwawasan Luas dan Profesional

10
0
BAGIKAN

Untuk membentuk duta wisata kabupaten OKU Timur yang berwawasan luas serta profesional dalam mempromosikan objek wisata dan daya tarik wisata serta ikut melestarikan aset budaya khususnya di Kabupaten OKU Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata mengadakan pemilihan Grand Final Mouli Meranai OKU Timur tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur, Senin (29/4/2019).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan ketahanan generasi muda dari pengaruh budaya asing yang bertentangan dengan kemurnian seni budaya daerah serta membina para remaja agar mencintai dan memiliki rasa kebanggaan terhadap seni budaya daerah. Selain itu menjadikan generasi muda sebagai penggerak utama dalam kegiatatan promosi pariwisata serta pelestarian seni dan budaya.

“Kegiatan pemilihan Mouli Meranai untuk membentuk duta wisata di Kabupaten OKU Timur yang berwawasan luas serta profesional dalam mempromosikan objek wisata dan daya tarik wisata khususnya di kabupaten OKU Timur. Peserta pemilihan mouli meranai sebiduk sehaluan juga ikut melestarikan aset kebudayaan di kabupaten OKU Timur sebagai sasaran promosi wisata sehingga diharapkan kunjungan wisatawan ke lokasi objek wisata di kabupaten OKU Timur dapat meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata OKU Timur Drs HM Supardi Mba MM mengatakan, peserta yang mengikuti seleksi pemilihan Mouli Meranai OKU Timur ini sebanyak 130 orang, namun setelah melalui berbagai tahapan telah menyusut sampai tahap grand final ini menjadi 12 pasang. Peserta yang mengikuti pemilihan ini terdiri dari utusan atau perwakilan DPRD, perguruan tinggi, SMA atau SMK sederajat dan masyarakat umum di Kabupaten OKU Timur.

“Sebelumnya para peserta mengikuti seleksi tes tertulis dan wawancara yang dilaksankan pada 11 April 2019 lalu di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten OKU Timur. Sehingga terpilihlah 12 pasang Mouli Meranai dan telah dikarantina pada tanggal 27 – 29 April 2019 di Parai Puri Tani Martapura,” ungkapnya.

Lalu dirinya berharap melalui kegiatan ini dapat menjadikan para generasi muda sebagai penggerak utama dalam kegiatan promosi pariwisata serta pelestarian seni dan budaya. Serta akan menjadikan peserta Mouli Meranai sebagai duta-duta di berbagai event di Bumi Sebiduk Sehaluan.

“Para peserta nantinya akan mempromosikan potensi kepariwisataan baik alam maupun buatan yang ada di wilayah Kabupaten OKU Timur. Sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu pusat kunjungan wisata yang merupakan sumber pendapatan daerah yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten OKU Timur,” pungkasnya.

Juara I Meranai Rafika perwakilan dari umum, Juara II Meranai Andi Patria utusan dari SMAN 2 Martapura, Juara III Keyga Falasarwa utusan dari SMAN 1 Belitang. Sedangkan untuk Juara I Mouli Mitha Ayu Tamiya utusan dari SMAN 2 Martapura, Juara II Mouli Shaqila Kalsum utusan dari SMAN 1 Martapura, Juara III Mouli Anna Ayu Oktavia utusan dari SMAN 1 Belitang. (adv).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.