Beranda OKU TIMUR Wujudkan Pangan Lokal sebagai Penggerak Ekonomi Daerah

Wujudkan Pangan Lokal sebagai Penggerak Ekonomi Daerah

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur sukses menggelar lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten OKU Timur tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 140 dan Kesatuan Gerak PKK ke 47 di Kabupaten OKU Timur tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi didampingi Ketua TP PKK OKU Timur Hj Rusmiyati Kholid dan Wakil Ketua TP PKK Lilik Setio Rini Fery Antoni serta unsur muspida lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan Balai Rakyat Pemkab OKU Timur.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Timur Ir Ruzuan Efendi MSi, lomba cipta menu B2SA dilaksanakan setiap tahun yang diikuti 20 kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Timur. “Melalui kegiatan ini setiap peserta menampilkan menu-menu yang sehat mulai dari makan pagi, makan siang hingga makan malam beserta aneka minuman dan kudapan lainnya. Semua menu yang ditampilkan merupakan menu lokal namun dengan kandungan gizi yang lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi mengatakan, melalui pangan lokal yang sehat dan bergizi diharapkan mampu menjadi penggerak ekonomi daerah. “Konsumsi pangan berkualitas juga dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan. Sehingga konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi,” katanya.

Melalui lomba ini diharapkan Bupati, dapat memanfaatkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah. Misalnya jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan lain-lain yang tersebar di seluruh kecamatan. Dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan fungsional yang mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga.

Pada kesempatan tersebut bupati didampingi Ketua dan wakil TP PKK, Kepala Dinas Ketahanan Pangan serta unsur muspida meninjau satu persatu stand peserta. Bahkan bupati berkesempatan mencicipi aneka menu yang ditampilkan peserta.

Adapun juara I dalam lomba B2SA tersebut diraih Kecamatan Buay Madang Timur, juara II diraih Kecamatan Sememdawai Barat dan Juara ketiga diraih Kecamatan Belitang. Sedangkan untuk harapan I diperoleh Kecamatan Semendawai Timur, harapan II oleh Semendawai Suku III dan harapan III diraih Kecamatan Buay Madang. Sementara untuk juara favorit yang merupakan hasil pilihan bupati diraih Kecamatan Madang Suku III.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.