Beranda OKU TIMUR Volume Sampah di OKU Timur Meningkat Selama Ramadhan

Volume Sampah di OKU Timur Meningkat Selama Ramadhan

BAGIKAN

KABAROKUTIMUR.COM, OKUTIMUR – Selama bulan ramadhan 1440 Hijriah volume sampah di Kabupaten OKU Timur mengalami peningkatan. Peningkatan volume sampah tersebut hingga mencapai 15 persen setiap harinya.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup OKU Timur, Nur Subagio sejak memasuki bulan ramadhan terjadi kenaikan volume sampah jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Kenaikan jumlah volume tersebut kata dia, disebabkan karena banyaknya penjual makanan dadakan mulai dari kelapa muda dan makanan dadakan lainnya.

“Selama bulan Ramadhan banyak penjual makanan dadakan yang berjualan hampir disepanjang ruas jalan di pusat keramaian di OKU Timur. Itulah yang menyebabkan volume sampah meningkat,” katanya.

Peningkatan jumlah volume sampah juga lanjutnya dipicu karena rumah tangga saat bulan puasa mempersiapkan dan mengkonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan diluar bulan puasa.

“Pada bulan Ramadhan disepanjang Jalan Merdeka Martapura dipakai untuk PKL berjualan, untuk menjaga agar kondisi tetap bersih petugas kebersihan melakukan pembersihan di sepanjang jalan. Kita himbau kepada pedagang agar sama-sama menjaga kebersihan,” katanya.

Dilanjutkan Nur, jika pada hari-hari sebelumnya volume sampah mencapai 40 hingga 41 ton berbeda dengan bulan puasa yang mengalami peningkatan sekitar 15 persen. Sementara untuk jumlah petugas kebersihan yang ada sekitar 300 petugas.

“Jumlah tersebut untuk petugas di wilayah Martapura dan Belitang. Mereka bekerja tiga kali sehari. Sedangkan jumlah Armada sampah untuk wilayah Martapura sebanyak tujuh unit, Buay Madang satu unit dan Belitang empat unit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.