Beranda OKU TIMUR Dinsos OKU Timur Adakan Sosialisasi Transformasi Bansos Rastra ke BPNT

Dinsos OKU Timur Adakan Sosialisasi Transformasi Bansos Rastra ke BPNT

3
0
BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Dinas Sosial (Dinsos) OKU Timur menggelar kegiatan sosialisasi transformasi Bansos Rastra menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Karena sebelumnya Bansos ini dari Rastra akan beralih ke BPNT sesuai dengan harapan agar tetap sasaran. Penggunaan BPNT ini menggunakan metode kartu yang mana hanya penerima yang bisa menggunakannya. Kegiatan ini dilakukan secara bergilir seluruh kecamatan di Kabupaten OKU Timur yang dihadiri oleh Kepala Desa atau perangkat desa di tiap-tiap kecamatan.

Menurut Kepala Dinas Sosial OKU Timur Juwariyah, SE MM melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin Slamet SPd, BPNT yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik hanya dapat digunakan untuk membeli pangan kepada pedagang (E-Waroeng) yang telah bekerjasama dengan pihak bank. Dalam satu bulan KPM mendapatkan bantuan sebesar Rp 110.000 dimana sesuai dengan pedoman umum dalam BPNT yang bisa diambil beras dan telur.

“Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan peserta dapat mengerti mekanisme pelaksanaan BPNT. Sebab dengan adanya BPNT akan memudahkan KPM dalam pengambilan bantuan karena setiap desa akan ada agen atau E-Waroeng. Selain itu para KPM juga bisa mengambil sesuai dengan kebutuhan yang diperlukannya,” katanya.

Selain itu, dirinya berharap penyaluran agar bisa lebih tepat sasaran, tetap jumlah, tepat waktu, tepat kualitas tepat harga dan tepat administrasi serta dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala. Dirinya juga menyampaikan pihaknya tidak pernah mendata jumlah keluarga yang tidak mampu karena data tersebut diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Jadi pihaknya hanya menyalurkan Bansos sesuai dengan data yang ada dari BPS tersebut. Selain itu dia mengatakan apabila nanti ada tim verifikasi yang melakukan penilai diharapkan para KPM agar dapat ikhlas apabila tidak masuk dalam daftar lagi.

“Kami menghimbau kepada KPM yang mampu agar ada kesadaran untuk membuat surat pernyataan untuk mengundurkan diri. Sehingga bisa dialihkan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.