Beranda Berita Bupati Ajak Petani Putus Siklus Hama Penyakit

Bupati Ajak Petani Putus Siklus Hama Penyakit

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi mengajak seluruh petani yang ada di bumi Sebiduk Sehaluan untuk bersama-sama membasmi dan memutus siklus hama penyakit yang sering menyerang tanaman padi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan pola sistem tanam sela di masa tanam ketiga (MT3). Hal ini disampaikan Bupati pada kegiatan Sarasehan dan Rembug Tani dalam rangka kepedulian pemerintah Kabupaten OKU Timur terhadap pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi yang dilaksanakan di Desa Tegalrejo Kecamatan Belitang.

Menurut Kholid, untuk tanaman padi dalam satu tahun, harus diselingi dengan tanaman lain atau membuat kolam. “Selama satu tahun tidak harus menanam padi terus, terapkanlah sistem tanam sela di MT3, bisa dengan menanam padi-padi-palawija atau padi-padi- kolam. Hal ini bertujuan untuk memutus siklus hama penyakit pada tanaman padi contohnya wereng dan hama lainnya,” kata Kholid.

Disamping itu lanjut Kholid, sistem tanam sela juga bertujuan agar saat tanam tahun berikutnya tanah menjadi lebih subur disamping terhindar dari hama wereng. “Untuk tanaman palawija saya menyarankan untuk menanam jagung, karena jagung bisa panen selama 3 bulan dan hasilnya juga lumayan serta harga jual yang cukup tinggi,” jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri sebanyak 200 orang peserta yang terdiri dari 11 kelompok tani dari dua desa yakni Desa Tegalrejo dan Gumawang tersebut juga menghadirkan narasumber dari Laboratorium Pengamatan hama penyakit tanaman dan Brigade proteksi tanaman pangan Dinas Pertanian kabupaten OKU Timur. kegiatan tersebut dilaksanakan guna membahas permasalahan  90 persen lahan sawah di desa Tegalrejo dan gumawang yang terserang hama wereng.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.