Beranda OKU TIMUR Tingkatkan Wawasan Kebanggsaan, 20 Pemuda OKUT ikuti JPD Tingkat Provinsi

Tingkatkan Wawasan Kebanggsaan, 20 Pemuda OKUT ikuti JPD Tingkat Provinsi

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman keanekaragaman seni budaya, sebanyak 20 peserta kontingen Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kabupaten OKU Timur diberangkatkan untuk mengikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) tingkat Provinsi Sumsel. Jambore tersebut akan dilaksanakan di kota Pagaralam pada 19 hingga 21 Juni 2019. Pemberangkatan peserta Jambore dilepas langsung oleh Sekdin Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) OKU Timur Adi Sungkomo, S.Pd di halaman Kantor Disporapar OKU Timur.

Kadisporapar OKU Timur, Drs HM Supardi MBA, MM, melalui Kabid Kepemudaan sekaligus pendamping peserta JPD Isdaryono, MPd mengatakan, peserta yang diberangkatkan ke JPD tingkat provinsi tersebut merupakan peserta yang berhasil lolos seleksi tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten pada Mei lalu. Dimana selain 20 kotingen yang berangkat peserta juga didampingi Ketua PPI OKU Timur dan alumni Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI).

“Peserta yang berangkat ini merupakan hasil seleksi yang telah dilakukan secara kompeten. Selama pelaksanaan Jambore, peserta juga didampingi oleh PPI OKU Timur dan alumni PPMI,” katanya.

Lanjut kata dia, adapun kegiatan yang akan dilombakan pada JPD tingkat provinsi diantaranya, Lomba Baca Puisi dengan tema perjuangan, Lomba Pentas Seni menggunakan alat musik tradisional dan elektrik, Lomba Senam Poco-poco Olahraga, Lomba Stand Pameran Terbaik dan Lomba Yel-yel terbaik.

“Yang jelas kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan pemahaman keanekaragaman seni budaya. Serta untuk memupuk rasa kesatuan dan persatuan bangsa, meningkatkan keterampilan dan melatih kreatifitas untuk menuju kemandirian pemuda berdaya saing menuju komunitas Asia 2020,” pungkasnya.

Selain itu dirinya berharap, dengan adanya kegiatan jambore ini, pemuda-pemudi khususnya dari Kabupaten OKU Timur dapat menambah dan mengembangkan wawasan serta dapat menanamkan rasa cinta terhadap daerah dan bangsa, serta menumbuhkan semangat cinta budaya daerah, jiwa kewiraushaan generasi muda dalam menghadapi demografi global pemuda 2025-2030 mendatang.

“Semoga kontingen OKU Timur dapat menjadi yang terbaik sehingga bisa turut mewakili Provinsi Sumsel pada ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Utara. Selain itu juga diharapkan kegiatan ini memupuk silaturahmi antar generasi muda guna merapatkan barisan menuju generasi muda yang taqwa, mandiri, berjiwa enterpreanuer sebagai calon pemimpin bangsa kedepan,” jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.