Beranda OKU TIMUR Program Pendidikan Harus Mengacu pada Standar Mutu

Program Pendidikan Harus Mengacu pada Standar Mutu

BAGIKAN

kabarokutimur.com | OKU Timur – Bupati OKU Timur HM Kholid MD membuka kegiatan audiensi program penjaminan mutu pendidikan tahun 2019 antara pemerintah Kabupaten OKU Timur bersama LPMP Sumatera Selatan. Selain itu Bupati juga meminta agar program pendidikan di Kabupaten OKU Timur kedepan harus mengacu pada standar mutu yang diharapkan secara bersama. Dimana konsep dalam dunia pendidikan merupakan hal yang dinamis, untuk itu jangan pernah merasa tertekan serta jangan ada kata puas untuk belajar. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Bina Praja II, Kamis (20/06/19).

Kholid menegaskan, program pendidikan kedepan harus mengacu pada apa yang terjadi hari ini karena perubahan didalam dunia pendidikan berlangsung secara dinamis. Lalu, belajar itu tidak mengenal usia, untuk itu perlu ada perbaikan dan keseriusan dalam penanganan dibidang pendidikan khususnya di Kabupaten OKU Timur agar seluruh warga masyarakat OKU Timur dapat merasakan pendidikan yang layak dan berkualitas mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

“Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah menganggarkan lebih dari 20% APBD untuk bidang pendidikan. Ia berharap agar dana tersebut dapat digunakan seluas-luasnya untuk memajukan pendidikan di bumi sebiduk sehaluan ini,” katanya.

Lalu lanjut kata Kholid, saat ini tenaga pendidikan yang tidak mau mengikuti perkembangan maka akan tertinggal secara sendirinya. Oleh karena itu diharapkan tenaga kependidikan harus bisa memacu semangat agar terus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal dengan daerah lain.

“Yang jelas saat ini bagaimana komitmen tenaga pendidik dan sekolah dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan seperti yang diharapkan, dengan memperbaiki kekurangan serta mencontoh kelebihan sekolah lain yang telah maju,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S.Pd, MM menambahkan, tujuan dilakukannya kerjasama dengan LPMP selain untuk mengetahui kekurangan dan pencapaian tentang pendidikan di Kabupaten OKU Timur supaya dapat menjadi bahan evaluasi yang tak lain untuk percepatan pendidikan yang berkemajuan dan mempunyai daya saing. 

“Yang jelas melalui kerjasama dengan LPMP ini kita dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan mengenai pendidikan didaerah kita, dan kedepan kita akan berupaya meningkatkan satu-persatu kekurangan tersebut sehingga dapat lebih maju. Selain itu kita ucapan terimakasih kepada rombongan LPMP yang telah berkenan mengunjungi Kabupaten OKU Timur untuk bekerjasama dalam mendukung kemajuan pendidikan di Kabupaten OKU Timur,” tambahnya.

Terpisah, Kepala LPMP Sumatera Selatan Drs Suyoto, M.AP menambahkan, audiensi yang dilakukan kepada Pemkab OKU Timur selain untuk melakukan kerjasama dalam bidang peningkatan mutu pendidikan juga akan melakukan pemetaan standar pendidikan nasional di Kabupaten OKU Timur. Hal ini agar kedepan Selain itu pihaknya juga akan melalukan MoU.

“Penjaminan Mutu Pendidikan adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses pendidikan sesuai dengan standar mutu sesuai dengan Permendikbud No. 28 tahun 2016. Dimana secara garis besar pendidikan di Kabupaten OKU Timur sudah terbilang cukup baik hanya saja harus terus didorong agar segera dapat melakukan pemenuhan Standar Pendidikan Nasional (SNP),” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.