Beranda OKU TIMUR Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan dengan Sistem Online

Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan dengan Sistem Online

BAGIKAN
Foto : Kepala UPTD Bapenda Sumsel Kabupaten OKU Timur Drs Hendri, MM.

kabarokutimur.com | OKU Timur – Untuk mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel Kabupaten OKU Timur atau lebih dikenal dengan Satuan Administrasi Satu Atap (Samsat) OKU Timur menerapkan sistem pembayaran pajak secara online. Hal ini dilakukan supaya masyarakat tidak telat dalam membayar pajak kedaraan baik roda dua, roda tiga maupun roda empat.

Menurut Kepala UPTD Bapenda Sumsel Kabupaten OKU Timur Drs Hendri, MM, saat dibincangi diruang kerjanya, masyarakat yang mempunyai kendaraan berplat di wilayah Sumsel bisa melakukan pembayaran pajak di Kantor Samsat OKU Timur.

“Secara regional di Sumsel untuk sistem pembayaran pajak melalui online ini sudah berjalan, namun masyarakat belum banyak yang tahu sehingga kita kembali mensosialisasikan ini. Sedangkan untuk biaya adminstrasinya tetap seperti biasanya dan tidak ada biaya tambahan,” terangnya.

Namun, untuk kendaraan yang akan melalukan ganti plat atau perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), lanjut kata Hendri, tetap seperti pola lama. Kendaraan berplat diluar OKU Timur tidak bisa melakukan pergantian STNK secara online dan harus mengurus di samsat yang bersangkutan. Namun pihaknya bisa membantu mengurus di samsat OKU Timur dengan mekanisme sistem kirim kesamsat daerah yang akan dituju.

“Untuk kendaraan yang akan ganti plat  dan STNK masih memakai pola lama, dimana kendaraan berplat diluar OKU Timur tidak bisa ganti plat di samsat OKU Timur, kecuali memakai sistem kirim. Namun untuk pembayaran pajak tetap bisa seperti biasanya,” tegasnya.

Selain itu, dirinya menambahakan, untuk mempermudah masyarakat dalam mengecek denda keterlambatan dalam membayar pajak saat ini sudah terprogram dengan sistem online, sehingga masyarakat bisa langsung mengecek sendiri atau langsung datang ke Samsat OKU Timur.

“Yang jelas saat ini proses pembayaran pajak kendaraan disamsat OKU Timur lebih mudah dibandingkan sebelumnya, asalkan syarat-syaratnya sudah lengkap sesuai dengan prosedur yang ada. Diharapkan juga agar masyarakat dapat lebih sadar dalam membayar pajak kedaraan karena hal ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah  (PAD) yang berimbas pada kemajuan daerah terutama di Provinsi Sumsel,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.